ANINDYAWARDHANI, Satwika Pramesti (2024) Komunikasi Inklusif dalam Pengembangan Bakat Anak Berkebutuhan Khusus di SABar School. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Download (540kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Download (634kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 August 2025. Download (588kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 August 2025. Download (798kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 August 2025. Download (590kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Download (540kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Download (667kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Satwika Pramesti A-F2C022013-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sekolah Alam Baturraden (SABar School) merupakan sekolah inklusi yang memfasilitasi siswa berkebutuhan khusus untuk mengembangkan potensinya tanpa merasa termarginalkan. Potensi dan bakat siswa berkebutuhan khusus yang dikembangkan akan menjadi kecakapan hidup yang kelak membuatnya hidup mandiri. Salah satu faktor penting dalam efektivitas pembelajaran siswa berkebutuhan khusus adalah komunikasi inklusif. Komunikasi yang dilakukan melalui pendekatan individual ini dapat mengurangi hambatan komunikasi sekaligus mendukung optimalisasi bakat siswa berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis komunikasi inklusif serta faktor penghambat dan pendukung efektivitas komunikasi inklusif dalam pengembangan bakat siswa berkebutuhan khusus di SABar School. Penelitian didasarkan pada teori inclusive education dan komunikasi antarpribadi. Metode penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Creswell. Teknik validasi yang digunakan antara lain triangulasi, member checking dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep adaptif, proximity dan love language dalam komunikasi inklusif dapat mendukung optimalisasi bakat dan potensi siswa berkebutuhan khusus. Komunikasi inklusif dilakukan dengan pendekatan humanistik dan menggunakan bahasa cinta. Efektivitas komunikasi inklusif dicapai karena adanya penerimaan, keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan, serta didukung implementasi prinsip-prinsip pendidikan inklusi. Dukungan lainnya adalah etos fasilitator, sikap adaptif terhadap keberagaman siswa, keteladanan dan kolaborasi pihak sekolah, keluarga dan komunitas dalam menciptakan lingkungan yang suportif dan inklusif. Sementara hambatan yang ditemukan adalah keterbatasan fisik dan gangguan mood siswa berkebutuhan khusus, gangguan lingkungan sekitar, pola asuh permisif, dan inkonsistensi aktivitas siswa di sekolah dan di rumah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P224239 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi inklusif; bakat; anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | D > D197 Disabilities E > E69 Education |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs SATWIKA PRAMESTI ANINDYAWARDHANI |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:00 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:00 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29511 |
Actions (login required)
View Item |