NIRWANA, Altezza Cahaya (2024) Utmost Good Faith Principles in Disputes of Defect of Vessel Insurance Claims (Study Decision Number 176/Pdt.G/2023/PN Pbr). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Download (979kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Download (462kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2025. Download (991kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2025. Download (262kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2025. Download (949kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Download (841kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Altezza Cahaya Nirwana-E1B020024-Skripsi-2024.pdf Download (467kB) |
Abstract
Sengketa yang sering terjadi dalam perjanjian asuransi adalah masalah pembayaran klaim asuransi, kehadiran prinsip itikad baik dalam asuransi muncul dari kebutuhan untuk mengatasi asimetri informasi, yaitu sebuah fenomena kurangnya transformasi informasi antara tertanggung dan penanggung, prinsip ini sangat rentan terhadap penyalahgunaan oleh salah satu pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran kontrak klaim asuransi serta penerapan prinsip itikad baik dalam sengketa wanprestasi klaim asuransi kapal pada pada Putusan Pengadilan Pekanbaru Nomor 176/Pdt.G/2023/PN Pbr. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus, serta dengan spesifikasi penelitian preskriptif. Penelitian ini memanfaatkan data sekunder yang diperoleh melalui pengumpulan data kepustakaan dan disajikan dalam bentuk naratif yang kemudian dianalisis secara normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penolakan pembayaran klaim yang dilakukan penanggung merupakan perbuatan wanprestasi karena tidak melakukan prestasi untuk membayar klaim sejumlah yang telah disepakati dalam polis. Sedangkan dalam penerapan prinsip itikad baik, penanggung tidak beritikad baik dengan menutupi adanya kecacatan persyaratan dalam penutupan polis dan menolak klaim asuransi ketika polis sudah ditutup. Penanggung dan tertanggung hendaknya lebih memperhatikan hak dan kewajiban mereka terkait memberi serta menerima informasi yang jujur, jelas dan lengkap, hal ini selaras dengan prinsip itikad baik yang sempurna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E24232 |
Uncontrolled Keywords: | Prinsip Itikad Baik; Wanprestasi; Klaim Asuransi; Asuransi Kapal |
Subjects: | C > C611 Commercial law I > I182 Insurance |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mrs. Altezza Cahaya Nirwana |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 01:24 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 01:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29697 |
Actions (login required)
View Item |