Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pemasaran Online Produk Agribisnis dan Hubungannya Terhadap Tingkat Keuntungan di Kabupaten Banyumas

LESTARI, Septiana Ayu (2020) Pemasaran Online Produk Agribisnis dan Hubungannya Terhadap Tingkat Keuntungan di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2. COVER-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB I-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2025.

Download (253kB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB II-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2025.

Download (322kB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB III-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2025.

Download (231kB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB IV-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB V-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Septiana Ayu Lestari-A1A115045-Skripsi-Faperta-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Pemasaran online produk agibisnis mulai berkembang di Kabupaten Banyumas seperti penjualan benih dan tanaman hias. Mereka sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional dan beralih ke pemasaran moderen yaitu pemasaran online. Pelaku usaha yang sudah melakukan pemasaran online di Kabupaten Banyumas adalah 3R FARM , Orchid House, Nayuka Florits, Yun Landscape, Tanaman Hias PWT, Ozza Flowers, Sebelas Maret Kaktus dan Dunia Benih. Pemasaran online ini dilakukan melalui social media Facebook, Instagram dan E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Alternatif pemasaran online diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan mampu memberi keuntungan bagi pelaku usaha yang memasarkan produk agribisnis. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Menganalisis profil perusahaan pemasaran online produk agribisnis, 2) Menganalisis pendapatan penjualan dan keuntungan pemasaran produk agribisnis secara online dan offline, 3) Menganalisis perkembangan pemasaran online produk agribisnis di Kabupaten Banyumas, 4) Menganalisis hubungan keberhasilan pemasaran online terhadap tingkat keuntungan Penelitian ini dilaksanakan di 3R FARM, Orchid House, Nayuka Florits, Yun Landscape, Tanaman Hias PWT, Ozza Flowers, Sebelas Maret Kaktus dan Dunia Benih di Kabupaten Banyumas. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019. Responden dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan toko ini sudah melakukan pemasaran online produk agribisnis. Pengambilan sampel penelitian pemasaran online produk agribisnis adalah menggunakan key informan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perusahaan sudah melakukan pemasaran online kurang dari lima tahun, produk agribisnis yang dijual benih dan tanaman hias, pemasaran online menggunakan sosial media Facebook, Instagram dan E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Bukalapak, sistem pembayaran menggunakan transfer via bank dan dompet digital ovo, dana dan shopeepay. Total pendapatan dan keuntungan secara online lebih tinggi dibandingkan secara offline karena produk yang terjual lebih banyak, pelanggan lebih banyak dan pangsa pasar lebih luas. Perkembangan pemasaran online produk agribisnis dimulai dengan menggunakan sosial media Facebook, Instagram dan E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Pemasaran online yang paling banyak digunakan yaitu Instagram dan pemasaran online yang paling menguntungkan yaitu E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Pemasaran online akan mendapatkan tingkat keuntungan tinggi dikarenakan pengelolaan E-Commerce yang intensif dalam pemasaran produk, penggunaan jasa iklan, membuka sistem dropship dan sistem reseller, menerapkan sistem pembayaran menggunakan dompet digital dan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Kata Kunci: pemasaran online, keuntungan, produk agribisnis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A20077
Subjects: A > A143 Agriculture
M > M80 Marketing
P > P555 Profit
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs Endah Yuni Astuti
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:56
Last Modified: 11 Oct 2024 01:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30092

Actions (login required)

View Item View Item