ADITYAWATI, Keny (2020) Strategi Pengembangan Usaha Sale Pisang di Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Keny Adityawati-A1C014079-SKRIPSI-2020.pdf Download (324kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Download (314kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 14 October 2025. Download (324kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 14 October 2025. Download (441kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 2025. Download (566kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Download (319kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Download (429kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Keny Adityawati-A1C014079-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) |
Abstract
Pisang merupakan salah satu komoditas yang banyak digunakan sebagai bahan baku produk olahan, sehingga banyak masyarakat membuat Usaha Kecil Menengah (UKM) sale pisang, namun selama ini banyak permasalahan dari kemasan yang masih sederhana, pengusaha kurang memanfaatkan diversifikasi, dan sebagian besar pemilik UKM tidak mencantumkan merk jual. Penelitian bertujuan untuk 1) merumuskan strategi yang tepat dalam pengembangan UKM sale pisang di Kecamatan Bantarsari dan 2) mengetahui alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan UKM sale pisang di Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan sensus. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai September 2019. Metode analisis adalah analisis deskriptif, matriks IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), Internal-Eksternal (IE), analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, analisis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang dapat mempengaruhi usaha sale pisang di Kecamatan Bantarsari adalah kualitas bahan baku yang baik (kekuatan), pemasaran belum optimal (kelemahan), meningkatnya produksi sale pisang saat menjelang hari raya dan libur sekolah (peluang) dan cuaca (ancaman). Perhitungan dengan menggunakan matriks IFE dan EFE diperoleh total skor yang dimiliki oleh usaha sale pisang di Kecamatan Bantarsari sebesar 2,64 dan 2,91. Gabungan antara matriks IFE dan EFE menempatkan usaha sale pisang di Kecamatan Bantarsari dalam kuadran IV pada matriks IE. Alternatif strategi matriks SWOT menghasilkan lima strategi dan prioritas strategi terbaik dari analisis QSPM adalah mempertahankan citarasa sale pisang yang enak dan diversifikasi sale pisang memberikan aneka topping coklat, strawberry dan keju dalam persaingan usaha yang sejenis dengan nilai Total Attractive Score (TAS) yaitu 5,4935. Kata kunci : Strategi pengembangan, sale pisang, analisis SWOT, analisis QSP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A20057 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pengembangan, sale pisang, analisis SWOT, analisis QSP |
Subjects: | S > S399 Small business S > S732 Strategic planning |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:12 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 08:12 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30122 |
Actions (login required)
View Item |