BAYU SAPUTRA, Muhammad (2024) Pengaruh Chief Executive Officer (CEO) Narcissism dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Manajemen Laba dimoderasi dengan Kepemilikan Keluarga. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Bayu Saputra-C2D0220005-Tesis-2024.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Bayu Saputra-C2D022005-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Bayu Saputra-C2D022005-Tesis-2024.pdf Download (42kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Bayu Saputra-C2D022005- Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2025. Download (267kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Bayu Saputra-C2D022005- Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2025. Download (266kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Bayu Saputra-C2D022005- Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2025. Download (320kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Bayu Saputra-C2D022005- Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Bayu Saputra-C2D022005- Tesis-2024.pdf Download (122kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Bayu Saputra-C2D0220005-Tesis-2024.pdf Download (252kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Bayu Saputra-C2D0220005-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki peran karakteristik narsisme yang terdapat pada Chief Executive Officer (CEO) dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan terhadap manajemen laba. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh 187 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan tahun pengamatan penelitian ini adalah 5 tahun, 2018 hingga tahun 2022, maka total keseluruhan data yang dapat diolah sebanyak 935 sampel. Analisis menggunakan regresi berganda menunjukan hasil bahwa: (1) CEO narcissism berpengaruh positif terhadap manajemen laba, (2) pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap manajemen laba, (3) adanya kepemilikan keluarga dalam perusahaan akan memperlemah hubungan positif antara CEO narcissism dan manajemen laba, (4) adanya kepemilikan keluarga tidak terbukti memperkuat hubungan positif antara pengungkapan CSR dan manajemen laba. Penelitian ini mengkonfirmasi teori eselon atas, teori keagenan, dan teori legitimasi. Selain itu, melalui hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa praktik manajemen laba pada perusahaan keluarga di Indonesia cenderung membawa pengaruh alignment daripada entrenchment. Dengan demikian, investor perlu mempertimbangkan banyaknya foto CEO yang termuat di laporan tahunan sebagai pertanda awal karakteristik narsisme yang mengarah pada manajemen laba untuk pemenuhan ego pribadi. Selain itu investor perlu kehati-hatian dalam menggunakan tingkat pengungkapan CSR sebagai indikator etika perusahaan, khususnya yang berkaitan dengan perusahaan keluarga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P224310 |
Uncontrolled Keywords: | CEO narcissism, pengungkapan CSR, kepemilikan keluarga, teori eselon atas, teori keagenan, teori legitimasi , spreading CSR, family ownership, upper echelon theory, agency theory, legitimacy theory |
Subjects: | C > C865 Corporations Finance P > P555 Profit |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Bayu Saputra |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 08:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 08:55 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30135 |
Actions (login required)
View Item |