Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Perbandingan Perilaku Konsumen pada Tiga Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan (Gofood, Grabfood, Shopeefood) Menggunakan Metode Data Mining Di Purwokerto

SULISTIYONO, Hari (2024) Analisis Perbandingan Perilaku Konsumen pada Tiga Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan (Gofood, Grabfood, Shopeefood) Menggunakan Metode Data Mining Di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf

Download (311kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 October 2025.

Download (431kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 October 2025.

Download (551kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 October 2025.

Download (596kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf

Download (341kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf

Download (424kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 mengubah model bisnis F&B ke arah digital. Transformasi digital membentuk tatanan baru terlebih dalam industri bisnis F&B. Aplikasi layanan pesan antar makanan atau online food delivery (OFD) sudah menjadi gaya hidup ditengah masyarakat saat ini. Di Indonesia terdapat 3 platform terbesar yang menyediakan layanan OFD. Perubahan gaya hidup yang baru tentunya mengubah cara perilaku konsumen dalam melakukan pembelian khususnya secara online. Tujuan dari penelitian untuk: 1) Mengidentifikasi perilaku konsumen disetiap platform Gofood, Grabfood, dan Shopeefood. 2) Analisis komparatif perilaku konsumen disetiap platform Gofood, Grabfood dan Shopeefood. Pengambilan data dilakukan dengan teknik non-probability sampling berjenisconvenience sampling, purposive sampling, dan sensus. Variabel yang digunakan adalah rating, jumlah pembeli, jarak, waktu, harga. Batasan-batasan dalam penelitian meliputi : 1) Rating restoran dalam rentang 4,5 - 5. 2) Jumlah pembeli restoran minimal 500 orang. 3) Harga diambil dari menu yang banyak dibeli. 4) Jarak restoran kurang dari sama dengan 5 kilometer dari titik penelitian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis bivariate berjenis korelasi Spearman, dan K-Means clustering. Metodologi data mining menggunakan metodologi CrossIndustry Standard Process for Data Mining atau CRISP-DM Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku konsumen Gofood, Grabfood, Shopeefood saat membeli dipengaruhi oleh jarak, harga, harga. 2) Prefrensi harga konsumen pada Gofood dari Rp 20.000 – Rp 40.000, Grabfood dari Rp 25.000 – Rp 50.000, Shopeefood dari Rp 20.000 – Rp 40.000. 3) Pada platformGofood terdapat 2 segemntasi konsumen, Grabfood 3 segmentasi konsumen, dan Shopeefood 3 segmentasi konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A24403
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Transformasi Digital, Online Food Delivery (OFD), Analisis Komparatif, Segmentasi Konsumen
Subjects: C > C790 Consumer goods
H > H305 Human behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mr Hari Sulistiyono
Date Deposited: 23 Oct 2024 00:56
Last Modified: 23 Oct 2024 00:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30172

Actions (login required)

View Item View Item