SULISTIYONO, Hari (2024) Analisis Perbandingan Perilaku Konsumen pada Tiga Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan (Gofood, Grabfood, Shopeefood) Menggunakan Metode Data Mining Di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Download (304kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Download (311kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (431kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (551kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (596kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Download (341kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Download (424kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hari Sulistiyono-A1C020039-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 mengubah model bisnis F&B ke arah digital. Transformasi digital membentuk tatanan baru terlebih dalam industri bisnis F&B. Aplikasi layanan pesan antar makanan atau online food delivery (OFD) sudah menjadi gaya hidup ditengah masyarakat saat ini. Di Indonesia terdapat 3 platform terbesar yang menyediakan layanan OFD. Perubahan gaya hidup yang baru tentunya mengubah cara perilaku konsumen dalam melakukan pembelian khususnya secara online. Tujuan dari penelitian untuk: 1) Mengidentifikasi perilaku konsumen disetiap platform Gofood, Grabfood, dan Shopeefood. 2) Analisis komparatif perilaku konsumen disetiap platform Gofood, Grabfood dan Shopeefood. Pengambilan data dilakukan dengan teknik non-probability sampling berjenisconvenience sampling, purposive sampling, dan sensus. Variabel yang digunakan adalah rating, jumlah pembeli, jarak, waktu, harga. Batasan-batasan dalam penelitian meliputi : 1) Rating restoran dalam rentang 4,5 - 5. 2) Jumlah pembeli restoran minimal 500 orang. 3) Harga diambil dari menu yang banyak dibeli. 4) Jarak restoran kurang dari sama dengan 5 kilometer dari titik penelitian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis bivariate berjenis korelasi Spearman, dan K-Means clustering. Metodologi data mining menggunakan metodologi CrossIndustry Standard Process for Data Mining atau CRISP-DM Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku konsumen Gofood, Grabfood, Shopeefood saat membeli dipengaruhi oleh jarak, harga, harga. 2) Prefrensi harga konsumen pada Gofood dari Rp 20.000 – Rp 40.000, Grabfood dari Rp 25.000 – Rp 50.000, Shopeefood dari Rp 20.000 – Rp 40.000. 3) Pada platformGofood terdapat 2 segemntasi konsumen, Grabfood 3 segmentasi konsumen, dan Shopeefood 3 segmentasi konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24403 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen, Transformasi Digital, Online Food Delivery (OFD), Analisis Komparatif, Segmentasi Konsumen |
Subjects: | C > C790 Consumer goods H > H305 Human behavior |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian |
Depositing User: | Mr Hari Sulistiyono |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 00:56 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 00:56 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30172 |
Actions (login required)
View Item |