WIDJONARKO, Bambang (2018) Determinan Pemilihan Program Keahlian Di SMK Negeri 2 Cilacap. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1 cover.pdf Download (522kB) |
|
PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
|
PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf Download (519kB) |
|
PDF (BabI)
4 bab 1.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (547kB) |
|
PDF (BabII)
5 bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (631kB) |
|
PDF (BabIII)
6 bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (554kB) |
|
PDF (BabIV)
7 bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
|
PDF (BabV)
8 bab 5.pdf Download (519kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf Download (517kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
lampiran.pdf Download (28MB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
Abstract
BAMBANG WIDJONARKO. Determinan Pemilihan Program Keahlian di SMKN 2 Cilacap, Tesis, Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Tahun 2017 Munculnya fenomena perbedaan jumlah peminat antar program keahlian yang sangat mencolok hampir di setiap penerimaan siswa baru, dimana ada program keahlian yang sangat banyak peminatnya, namun ada pula program keahlian yang sangat sedikit peminatnya, adalah masalah klasik yang perlu dicarikan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi faktor penentu (determinan) pada pemilihan jurusan di SMKN2 Cilacap sehingga dapat disusun strategi yang tepat pada saat penerimaan calon siswa baru agar diperoleh calon siswa (input) yang sebaik-baiknya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Sumber informasi (informan) utamanya adalah siswa SMKN 2 Cilacap berjumlah 4 kelas, mewakili 2 angkatan, dan dari tiap angkatan terdapat program keahlian yang banyak peminat maupun sedikit peminat. Sebagai sumber informasi tambahan adalah kepala sekolah dan beberapa orang guru atau pejabat terkait yang dipandang tepat sebagai sumber informasi, serta dari dokumentasi data yang terkait pula. Teknik pengumpulan data dengan angket,wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari temuan data penelitian dan analisisnya didapatkan kesimpulan bahwa ada beberapa determinan pemilihan paket keahlian, yaitu: (1)Motivasi eksternal, berupa dorongan /arahan /dukungan /inspirasi dari orang tua /saudara; ajakan teman; inspirasi dari kakak kelas atau tetangga alumnus program keahlian yang sama; (2)Motivasi internal, berupa minat, cita-cita, dan keinginan setelah lulus bisa lansung kerja; (3)Pengetahuan atau informasi tentang program keahlian; (4)Persepsi tentang program keahlian; (5)Kompetensi dan prestasi, berupa NEM atau nilai ijasah; hasil tes khusus; dan nilai atau bobot piagam penghargaan; (6)Jenis kelamin; (7)Kondisi fisik, meliputi tinggi badan dan buta warna atau tidak. Dari beberapa determinan di atas, khususnya dari informasi dan persepsi yang salah, muncul beberapa implikasi, diantaranya yaitu: (1)Paket Keahlian yang kurang peminat bisa makin berkurang peminatnya; (2)Adanya siswa yang bermasalah saat proses KBM jika proses masuknya cenderung dipaksa oleh orang tuanya untuk memilih prodi yang tidak diminatinya; (3)Muncul kekecewaan pada siswa tahun pertama prodi favorit karena persepsi yang salah atau ekspetasi yang berlebih terhadap prodi favorit yang dipilihnya. Berdasarkan hasil dan simpulan pada penelitian ini ada beberapa saran yang perlu penulis sampaikan yaitu: (1) Tingkatkan kegiatan penyebaran informasi dan promosi agar pengetahuan yang diterima oleh calon siswa maupun orang tua serta persepsi yang muncul setelahnya menjadi relatif lebih tepat, sehingga pilihan program studi yang dipilih oleh calon siswa merupakan pilihan yang tepat dan terbaik bagi calon siswa tersebut. Penyebaran informasi tersebut sebaiknya dilaksanakan secara terprogram dan terencana, dengan berbagai teknik, media, maupun sumber daya yang ada, baik secara kontinyu maupun pada waktu atau momen tertentu. (2) Berikan kesempatan, motivasi dan dorongan yang sebesar-besarnya kepada Kaprodi, khususnya prodi yang sedikit peminat, untuk dapat mengelola dan mengembangkan program keahlian yang dipimpinnya semaksimal mungkin agar menghasilkan lulusan seperti yang diharapkan sehingga calon siswa berikutnya akan lebih berminat terhadap program keahlian tersebut. (3) Berikan perhatian khusus terhadap perkembangan belajar siswa yang masuknya diketahui karena terpaksa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | tidak ada |
Uncontrolled Keywords: | Determinan, pemilihan, program/paket keahlian, motivasi eksternal, motivasi internal, minat, dorongan orang tua, informasi, persepsi, kompetensi, gender, tinggi badan, prodi favorit, prodi non favorit, mispersepsi, promosi, penyebaran informasi. |
Subjects: | H > H129 Higher education Professional education Schools |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:37 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30180 |
Actions (login required)
View Item |