HARTANI, Ratih (2024) Manajemen Sekolah Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di SMP Negeri 1 Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Download (114kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Download (154kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN-Ratih Hartani-F1B019116-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 52 Tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 53 Tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata. Salah satu daerah yang melaksanakan Program Gerakan PBLHS dalam pengelolaan Sekolah Adiwiyata yaitu Kabupaten Purbalingga. SMP Negeri 1 Kemangkon adalah sekolah yang pertama kali berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri di Kabupaten Purbalingga. Manajemen atau pengelolaan yang dilakukan terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan Program PBLHS dalam pengelolaan Sekolah Adiwiyata. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan Manajemen Sekolah Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di SMP Negeri 1 Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan fungsi manajemen dari G. R Terry. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dimana peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang ada dilapangan dengan menekankan penelitian secara mendalam. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik pusposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Kemangkon sudah baik sesuai dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Tetapi dalam aspek penggerakan yang meliputi kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan harus lebih ditingkatkan dan dikembangkan sehingga perilaku peduli dan berbudaya lingkungan hidup warga SMP Negeri 1 Kemangkon dapat meningkat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dari aspek pengawasan masih kurang baik karena pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup tidak dilakukan secara rutin. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Manajemen Sekolah Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di SMP Negeri 1 Kemangkon, Kabupaten Purbalingga sudah berjalan cukup baik, namun belum optimal sehingga masih ada beberapa aspek yang harus diperbaiki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24403 |
Uncontrolled Keywords: | Management, PBLHS Movement Program, Adiwiyata School |
Subjects: | M > M35 Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Ratih Hartani |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 08:57 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 08:57 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30726 |
Actions (login required)
View Item |