Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Modal, Pengetahuan Akuntansi, Digital Marketing terhadap Kinerja Usaha Mikro Pada Kerajinan Genting di Kabupaten Kebumen

Azhar, M. Ziky (2024) Pengaruh Modal, Pengetahuan Akuntansi, Digital Marketing terhadap Kinerja Usaha Mikro Pada Kerajinan Genting di Kabupaten Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-M. Ziky Azhar-C1C020016-SKRIPSI-2024.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-M. Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABTRAK-M. Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-M. Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 December 2025.

Download (116kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-M. Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 December 2025.

Download (174kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-M. Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 December 2025.

Download (220kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-M. Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-M Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-M. Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-M. Ziky Azhar-C1C020016-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana kinerja yang berjalan pada usaha mikro di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal, pengetahuan akuntansi, dan digital marketing terhadap kinerja usaha mikro pada kerajinan genting di Kabupaten Kebumen. Dalam konteks ini, modal, pengetahuan akuntansi, dan digital marketing dianggap hal yang penting dan merupakan faktor yang mempengaruhi suatu kinerja daripada usaha mikro itu sendiri. Penelitian ini menggunakan teori resource based view yang menyoroti bagaimana suatu perusahaan memiliki sumber daya yang unggul atau kompetitif sehingga mampu untuk bersaing. Sumber daya dalam perusahaan ini sangat penting karena kinerja perusahaan tersebut dapat dicerminkan dari sumber daya yang perusahaan miliki. Modal, pengetahuan akuntansi, dan digital marketing merupakan sumber daya yang termasuk dalam sumber daya berwujud dan tidak berwujud yang tentunya dapat mempengaruhi kinerja usaha. Modal dapat dikaitkan dengan RBV Theory yang mana modal termasuk dalam sumber daya berwujud yang dapat mendukung berjalannya usaha untuk keberlanjutan suatu usaha. Pengetahuan akuntansi dapat dikaitkan dengan Resource Based View Theory yang mana pengetahuan akuntansi ini termasuk dalam sumber daya tak berwujud dengan elemennya human capital. Pengetahuan akuntansi dapat dikendalikan sehingga dapat mendukung berjalannya usaha untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja bagi usaha mikro. Digital marketing termasuk ke dalam sumber daya tidak berwujud dengan elemennya relational capital. Digital marketing berasal dari pemikiran alternatif untuk pemasaran produknya, sehingga dapat membuat keunggulan bersaing dan meningkatkan pertumbuhan usahanya. Penelitian ini menggunakn metode kuantitatif kausalitas dengan pendekatan survei. Data yang dikumpulkan disebarkan kepada responden yang merupakan pemilik langsung atau owner kerajinan genting di Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan penentuan sampel menggunakan metode convenience sampling. Jumlah penyebaran kuesioner terhadap 70 responden dengan 65 kuesioner yang kembali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah pilot test, uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji goodness of fit dan uji hipotesis. Hasil regresi menunjukkan bahwa modal, pengetahuan akuntansi, dan digital marketing memiliki pengaruh positif terhadap kinerja usaha mikro pada kerajinan genting di Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian ini konsisten dengan teori resource based view yang menunjukkan bahwa pentingnya modal dan digital marketing dalam meningkatkan kinerja usaha. Pelaku usaha yang memiliki modal yang cukup dan penggunaan digital marketing yang baik akan dapat menjalankan usahanya dengan lebih baik. Meskipun pengetahuan akuntansi penting, pengaruhnya terhadap kinerja usaha mikro lebih kecil dibandingkan dengan dua faktor lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) modal berpengaruh positif terhadap kinerja usaha mikro; (2) pengetahuan akunta nsi tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha mikro; (3) digital marketing berpen garuh positif terhadap kinerja usaha mikro pada kerajinan genting di Kabupaten Kebumen. Implikasi dari penelitian adalah para pelaku usaha sebaiknya lebih meningkatkan pengetahuan akuntansi karena dalam pengelolaan keuangan memang sangat dibutuhkan. Selain itu, modal dan digital marketing juga sangat menentukan kinerja usaha mikro. Beberapa solusi yang mungkin bisa dilakukan antara lain dengan terus memperkuat struktur modal usahanya ke arah yang lebih efisien melalui kombinasi yang tepat antara jumlah modal sendiri dengan jumlah modal pinjaman yang digunakan dalam operasi usahanya, terus berupaya untuk memanfaatkan modal tambahan secara lebih efektif, serta melakukan kerja sama dengan lembaga keuangan yang kredibel dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan modal. Selain itu, para pelaku usaha mikro pada kerajinan genting di Kabupaten Kebumen juga perlu terus berupaya untuk menerapkan strategi pemasaran digital (digital marketing) secara tepat agar dapat memperluas pangsa pasar serta meningkatkan efisiensi biaya promosi dan waktu transaksi dengan para pelanggannya. Beberapa keterbatasan dalam penelitian ini antara lain yakni hanya mammampu membuktikan signifikansi pengaruh langsung (direct effect) dari variabel modal dan digital marketing terhadap variabel kinerja usaha. Pengelompokkan data responden dalam penelitan ini yang diambil semuanya ada di lingkup usaha mikro karena memang dalam kerajinan genting ini mayoritas adalah usaha mikro, sehingga diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dan memperluas agar tidak hanya mikro, yaitu ke dalam skala kecil, dan menengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24504
Uncontrolled Keywords: Modal, Pengetahuan Akuntansi, Digital Marketing, Kinerja Usaha Mikro
Subjects: A > A29 Accounting
D > D174 Digital electronics
M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mr. M Ziky Azhar
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:39
Last Modified: 02 Dec 2024 06:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30886

Actions (login required)

View Item View Item