ARROHMAH, Nisa (2024) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Willingness To Pay (WTP) Pada Pengunjung Museum Kretek Kudus. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
01. COVER-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Download (280kB) |
|
PDF (Legalitas)
02. LEGALITAS-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
03. ABSTRAK-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Download (628kB) |
|
PDF (BabI)
04. BAB-I-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 4 December 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
05. BAB-II-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only until 4 December 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
06. BAB-III-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 4 December 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
07. BAB-IV-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
08. BAB-V-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Download (671kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Download (773kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Nisa Arrohmah-C1A020043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sektor pariwisata memiliki peran penting sebagai salah satu sumber pendapatan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Salah satu objek wisata yang menjadi ikon dari Kudus adalah Museum Kretek. Tingkat kunjungan masyarakat ke Museum Kretek sangat rendah karena perspektif masyarakat yang menganggap museum kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai willingness to pay pengunjung terhadap objek wisata Museum Kretek dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi willingness to pay (WTP). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden pengunjung. Analisis data menggunakan metode Contingent Valuation Method (CVM) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata willingness to pay (WTP) adalah Rp 9.930 untuk setiap individu. Faktor-faktor yang mempengaruhi willingness to pay (WTP) Museum Kretek secara positif signifikan adalah pendapatan dan biaya perjalanan. Adapun variabel jarak, daya tarik wisata, dan hari kunjungan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai willingness to pay (WTP) pengunjung Museum Kretek. Implikasi penelitian yaitu nilai willingness to pay (WTP) pengunjung dapat digunakan sebagai acuan oleh pihak pengelola Museum dalam menetapkan biaya retribusi untuk meningkatkan pendapatan guna pengembangan obyek wisata Museum Kretek Kudus. Disarankan bagi pengelola wisata untuk memperbaiki kualitas layanan dan fasilitas seperti penyediaan wahana yang lebih nyaman melalui penambahan kursi, area bermain anak, penambahan koleksi yang interaktif berbasis teknologi seperti VR (Virtual Reality) serta pemberian souvenir untuk menarik pengunjung Museum Kretek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24502 |
Uncontrolled Keywords: | Willingness to Pay (WTP), Contingent Valuation Method (CVM), Museum Kretek, Kudus. |
Subjects: | E > E49 Economics M > M622 Museums |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan |
Depositing User: | Mrs. Nisa Arrohmah |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 00:58 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 00:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30910 |
Actions (login required)
View Item |