Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Geologi dan Analisis Kestabilan Lereng pada Inlet dan Outlet Terowongan Jalur Ganda (Double Track) di Daerah Notog, Kabupaten Banyumas.

NINGTYAS, Lisa Aprilia (2018) Geologi dan Analisis Kestabilan Lereng pada Inlet dan Outlet Terowongan Jalur Ganda (Double Track) di Daerah Notog, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2025.

Download (327kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2025.

Download (596kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80MB)

Abstract

Pembangunan terowongan Notog sebagai bagian dari proyek jalur ganda rel kereta api antara Purwokerto-Kroya sepanjang 550 meter mulai dilaksanakan sejak bulan Desember 2016. Hal tersebut menuntut penulis mengkaji keadaan geologi dan stabitas lereng di sekitar inlet dan outlet terowongan yang berada di koordinat 9171500 mN dan 302750 mE untuk mengetahui geologi dan hubungannya dengan kestabilan lereng dengan metode pemetaan dan melakukan pemodelan menggunakan Slope/W pada software GeoStudio 2012. Adapun hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pada daerah tersebut litologi yang mendominasi adalah batupsir dari Formasi Halang, breksi anggota Formasi Halang, batupasir dari Formasi Tapak, dan endapan aluvial. Proses pengendapan berlangsung berkisar dari kala Miosen Tengah menuju Plistosen dan diikuti proses-proses geologi hingga saat ini, dan membentuk morfologi seperti sekarang yang berupa satuan perbukitan struktural landai, satuan perbukitan struktural agak curam, satuan dataran struktural landai, dan satuan dataran aluvial. Pada daerah penelitian terdapat juga sesar dekstral yang diperkirakan. Dari karakteristik geologi tersebut dapat dikorelasikan bahwa lokasi terowongan berada di antara pertemuan tiga jenis satuan batuan yaitu batupasir, batulempung, dan breksi. Sedangkan posisi inlet dan outlet terowongan berada di lereng yang setelah dianalisis ternyata semula memiliki nilai faktor keamanan sebesar 9,743 untuk inlet dan 10,645 untuk outlet. Setelah proses pembangunan terowongan, dilakukan kembali analisis simulasi dengan memperhitungkan air tanah dan getaran gempa. Ternyata nilai faktor keamanan turun menjadi 3,868 untuk inlet dan 3,138 untuk outlet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H18201
Uncontrolled Keywords: Geologi, Kestabilan Lereng, Inlet dan Outlet, Terowongan Notog
Subjects: G > G77 Geology
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi
Depositing User: Mrs Endah Yuni Astuti
Date Deposited: 06 Dec 2024 06:31
Last Modified: 06 Dec 2024 06:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30942

Actions (login required)

View Item View Item