NINGTYAS, Lisa Aprilia (2018) Geologi dan Analisis Kestabilan Lereng pada Inlet dan Outlet Terowongan Jalur Ganda (Double Track) di Daerah Notog, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Download (146kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Restricted to Repository staff only until 6 December 2025. Download (327kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Restricted to Repository staff only until 6 December 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Restricted to Repository staff only until 6 December 2025. Download (596kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Download (146kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN LISA APRILIA NINGTIYAS H1F012047_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (80MB) |
Abstract
Pembangunan terowongan Notog sebagai bagian dari proyek jalur ganda rel kereta api antara Purwokerto-Kroya sepanjang 550 meter mulai dilaksanakan sejak bulan Desember 2016. Hal tersebut menuntut penulis mengkaji keadaan geologi dan stabitas lereng di sekitar inlet dan outlet terowongan yang berada di koordinat 9171500 mN dan 302750 mE untuk mengetahui geologi dan hubungannya dengan kestabilan lereng dengan metode pemetaan dan melakukan pemodelan menggunakan Slope/W pada software GeoStudio 2012. Adapun hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pada daerah tersebut litologi yang mendominasi adalah batupsir dari Formasi Halang, breksi anggota Formasi Halang, batupasir dari Formasi Tapak, dan endapan aluvial. Proses pengendapan berlangsung berkisar dari kala Miosen Tengah menuju Plistosen dan diikuti proses-proses geologi hingga saat ini, dan membentuk morfologi seperti sekarang yang berupa satuan perbukitan struktural landai, satuan perbukitan struktural agak curam, satuan dataran struktural landai, dan satuan dataran aluvial. Pada daerah penelitian terdapat juga sesar dekstral yang diperkirakan. Dari karakteristik geologi tersebut dapat dikorelasikan bahwa lokasi terowongan berada di antara pertemuan tiga jenis satuan batuan yaitu batupasir, batulempung, dan breksi. Sedangkan posisi inlet dan outlet terowongan berada di lereng yang setelah dianalisis ternyata semula memiliki nilai faktor keamanan sebesar 9,743 untuk inlet dan 10,645 untuk outlet. Setelah proses pembangunan terowongan, dilakukan kembali analisis simulasi dengan memperhitungkan air tanah dan getaran gempa. Ternyata nilai faktor keamanan turun menjadi 3,868 untuk inlet dan 3,138 untuk outlet.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H18201 |
Uncontrolled Keywords: | Geologi, Kestabilan Lereng, Inlet dan Outlet, Terowongan Notog |
Subjects: | G > G77 Geology |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 06:31 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 06:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30942 |
Actions (login required)
View Item |