HIDAYANTI, Giskha (2018) Dampak Pertumbuhan Penggunaan Lahan Perumahan Terhadap Pola Perjalanan Di Kawasan Kota Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Download (249kB) |
|
PDF (BabI)
Bab I Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Restricted to Repository staff only until 9 December 2025. Download (266kB) |
|
PDF (BabII)
Bab II Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Restricted to Repository staff only until 9 December 2025. Download (613kB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Restricted to Repository staff only until 9 December 2025. Download (584kB) |
|
PDF (BabIV)
Bab IV Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
|
PDF (BabV)
Bab V Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Download (253kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran Giskha Hidayanti H1D012074 _2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
Abstract
Kedudukan Kota Purbalingga sebagai pusat pemukiman penduduk, kegiatan ekonomi dan sosial serta kegiatan politik dan administrasi pemerintahan menjadikan kota ini semakin berkembang. Perkembangannya menimbulkan daya tarik terhadap migran yang akan berpengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan penduduk dan pada gilirannya akan berimbas pada peningkatan kebutuhan lahan perumahan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan lahan perumahan maka akan meningkat pula jumlah pergerakan. Peningkatan pergerakan ini berdampak pada sistem transportasi seperti meningkatnya volume kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola perjalanan yang terjadi dengan zona asal kawasan perumahan Kota Purbalingga. Data primer berupa hasil wawancara rumah tangga, jumlah populasi rumah tangga, pengukuran titik koordinat perumahan. Data sekunder diperoleh dari pihak BPS Purbalingga, DPMPTSP Purbalingga dan DPUPR Purbalingga. Analisis dilakukan melalui empat tahapan yaitu: (1) analisis penentuan zona, (2) analisis bangkitan pergerakan menggunakan analisis regresi dengan metode coba-coba, (3) analisis matriks asal-tujuan menggunakan metode analogi/seragam, dan (4) analisis garis keinginan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dampak yang terjadi akibat pertumbuhan penggunaan lahan perumahan terhadap pola perjalanan di Kota Purbalingga adalah semakin meningkatnya pergerakan setiap tahunnya dikarenakan laju pertumbuhan penduduk. Dampak terhadap transportasi adalah perubahan volume kendaraan, jarak perjalanan, pemilihan moda yang akan digunakan. Hasil analisis matriks asal–tujuan menunjukkan bahwa asumsi nilai tingkat pertumbuhan sebesar 1,24%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H18191 |
Subjects: | H > H286 Housing L > L37 Land use |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 07:48 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30958 |
Actions (login required)
View Item |