DWI .A., Rossyana (2017) Collaborative governanve dalam program revitalisasi pembangunan pasar tradisional di pasar Kawunganten Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (132kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (174kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (235kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Collaborative Governance dalam Program Revitalisasi Pembangunan Pasar Tradisional di Pasar Kawunganten Kabupaten Cilacap”. Penelitian ini dilatarbelakangi boleh upaya pemerintah untuk penataan pasar dan mengetahui proses collaborative governance dalam program revitalisasi pasar Kawunganten. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori collaborative governance menurut Ansell dan Gash (2008) dengan aspek dialog tatap muka, membangun kepercayaan, komitmen, pemahaman bersama, hasil sementara. Lokasi penelitian ini yaitu pasar Kawunganten yang merupakan pasar induk di Kabupaten Cilacap. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses collaborative governance dalam program revitalisasi pasar Kawunganten. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa collaborative governance dalam program revitalisasi pasar Kawunganten belum maksimal. Terdapat beberapa aspek yang menurut Ansell dan Gash belum terpenuhi. Adapun beberapa aspek tersebut diantaranya. Pertama, proses dialog tatap muka yang dilaksanakan hanya berdasarkan kebutuhan. Belum terdapat jadwal rutin yang mengatur pelaksanaan dialog tatap muka. Kedua, dalam sub aspek mengenai keterbukaan antar pihak masih belum transparan dimana pihak pemerintah dalam rincian dana revitalisasi pasar Kawunganten belum secara rinci menjelaskan kepada pihak swasta maupun pihak masyarakat. Ketiga, pelaksanaan dalam rencana strategi masih berbedabeda belum memiliki misi yang sama antar stakeholders. Keempat, dalam penelitian proses revitalisasi pasar Kawunganten bahwa pihak masyarakat tidak diikutsertakan dalam proses kolaborasi program revitalisasi pasar Kawunganten. Dalam hal ini pihak masyarakat sangat penting diikutsertakan untuk kesuksesan proses kolaborasi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut guna membangun proses collaborative governance yang lebih baik apabila dilaksanakan beberapa hal berikut; pertama, penentuan jadwal rutin dalam proses dialog tatap muka antara antar stakeholders. Kedua, pihak pemerintah harus transparan kepada pihak swasta maupun pihak masyarakat agar keterbukaan dalam proses kolaborasi berjalan dengan sesuai yang diinginkan. Ketiga, rencana strategis di program selanjutnya diharapkan mampu memiliki misi yang sama sehingga rencana strategis yang akan dibuat akan jelas serta dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua pihak yang terkait. Keempat, pihak masyarakat harus diikutsertakan dalam proses collaborative governance untuk kesuksesan program revitalisasi pasar Kawunganten.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17440 |
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Governance, Revitalisasi Pasar Tradisio |
Subjects: | G > G193 Government policy P > P651 Public utilities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 07:28 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 07:28 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3107 |
Actions (login required)
View Item |