GUMIAR, Mulat (2017) Kualitas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap pelayanan Terpadu Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (106kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Lembar Pengesahan_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (160kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN) Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Kualitas pelayanan digunakan untuk menilai apakah pelayanan yang diberikanoleh penyedia layanan sudah sesuai atau belum terhadap harapan dan kebutuhan pengguna layanan. SAMSAT PATEN merupakan salah satu organisasi publik yang melayani pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di suatu Kecamatan. Dalam pelaksanaanya, SAMSAT PATEN mengalami beberapa kendala seperti: pegantian plat atau STNK belum bisa dilakukan di SAMSAT PATEN, persyaratan pembayaran yang kurang dipahami., petugas pelayanan yang kurang efektif, kurangnya sosialisasi keberadaan dan jadwal pelaksanaan., dan ketersediaan lahan parkir. Penilaian kualitas pelayanan dalam penelitian ini diunkur dengan dimensi Tangible (Bukti Fisik), Realibility (Keandalan), Responsivenees (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Emphaty (Empati) Penelitian ini menggunakan diskriptif kuantitatif dengan metode survey, lokasi penelitian di SAMSAT PATEN Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang melakukan pembayaran PKB di SAMSAT PATEN Kecamatan Kutoarjo berjumlah 344 Wajib Pajak. Tehnik sampel yang digunakanadalah accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Pelayanan Terpadu Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Baik. Dari kelima dimensi yang digunakan untuk mengukur data dapat diketahui bahwa indikator 1) Tangible/bukti fisik berada pada kategori baik. 2) Reliability/ keandalan berada pada kategori baik, 3) assurance/jaminan berada pada kategori baik 4) Emphaty berada pada kategori baik dan 5)Responsiveness berada pada kategori baik. Meskipun, dari dimensi kualitas pelayanan dinyatakan namun masih ada beberapa indiktor pelayanan yang nilainya cukup baik. Dengan demikian diperlukan 1) adanya peningkatan bukti fisik/tangible terutama dalam sarana seperti papan alur pelayanan, ketersediaan lahan parkir, AC, ruang tunggu dan nomor antrian. 2) Peningkatan pelayanan yang sama antara janji pelayanan dengan pelaksanaan pelayanan. 3) Peningkatan responsivitas (Daya Tanggap) oleh petugas saat ada keluhan .4) Sosialisasi mengenaiPeraturan Bersama DirLanTas POLDA Jawa Tengah, Kepala Dinas DPPAD Prov. Jateng dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja (PERSERO) Jawa Tengah Nomor:01 Tahun 2012/041.7/0077/P/1/SP/ 2012 Tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan SAMSAT Jawa Tengah (SAMSAT Induk dan SAMSAT Pembantu).5) kemudahan pelayanan dari petugas SAMSAT
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17339 |
Subjects: | P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 07:22 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 07:22 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3128 |
Actions (login required)
View Item |