PRIHANDOKO, Dwi (2018) Evaluasi Sistem Drainase Kota Purwokerto (Studi Kasus Saluran Jalan H.R. Bunyamin, Purwokerto Utara). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Download (368kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legaliltas-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Download (323kB) |
|
PDF (BabI)
Bab I-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2026. Download (467kB) |
|
PDF (BabII)
Bab II-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2026. Download (754kB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2026. Download (339kB) |
|
PDF (BabIV)
Bab IV-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
Bab V-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Download (463kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Download (318kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_DWI PRIHANDOKO-H1D013012-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan banjir terjadi pada beberapa tahun terakhir, dimana secara hidrolika disebabkan karena beban pengaliran melampaui kapasitas pengaliran saluran drainase. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi rasio beban pengaliran terhadap kapasitas pengaliran saat ini. Metode untuk menghitung beban pengaliran (Qb) menggunakan Metode Rasional, sedangkan untuk menghitung kapasitas pengaliran saluran yang ada menggunakan rumus Qc = v x A. Rasio diperoleh dengan cara membandingkan beban pengaliran dan kapasitas pengaliran sebelum dan setelah adanya pembangunan. Penelitian dilakukan di saluran drainase di sepanjang Jalan H.R. Bunyamin, Purwokerto Utara. Lokasi penelitian dibagi menjadi 4 segmen, yaitu segmen Pabuaran-POM, POM-KFC, KFC-Glempang, dan Glempang-Aston. Hasil analisis menunjukan bahwa saluran Pabuaran-POM dapat menampung beban pengaliran yang terjadi, sedangkan saluran POM-KFC, KFCGlempang, Glempang-Aston tidak mampu menampung beban pengaliran yang terjadi. Selain itu juga didapatkan rasio penurunan tutupan lahan hijau terhadap beban pengaliran yang ditimbulkan, setiap penutupan lahan hijau sebesar 1% diikuti dengan peningkatan beban pengaliran sebesar ± 3,35%. Beberapa penyebab terjadinya banjir di daerah penelitian adalah penggunaan lahan yang mengakibatkan berkurangnya lahan resapan, pengaliran limpasan yang kurang baik, dan adanya endapan sampah atau sedimen di dalam saluran. Solusi dari masalah tersebut adalah memperbaiki saluran yang ada, selanjutnya melakukan perawatan secara berkala.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H18109 |
Subjects: | C > C408 Cities and towns D > D278 Drainage |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 01:57 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 01:57 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31294 |
Actions (login required)
View Item |