YULIONO, Dicky Dwi (2025) Analisis Kinerja Karyawan dengan Metode Key Performance Indicator (KPI) (Di Unit Sumber Daya Manusia dan Umum PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Download (77kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Download (64kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 16 January 2026. Download (143kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 16 January 2026. Download (248kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 16 January 2026. Download (153kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Download (69kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Download (127kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dicky Dwi Yuliono-F1B021097-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset terpenting bagi sebuah perusahaan. Menjaga kualitas sumber daya manusia memerlukan penilaian kinerja. Permasalahan yang sering terjadi adalah proses penilaian dilakukan secara manual sehingga memakan waktu untuk menyelesaikan prosesnya. Penilaian kinerja karyawan harus konsisten dengan kejadian yang sebenarnya. Solusi yang dapat diberikan dari permasalahan diatas adalah mengembangkan penilaian kinerja karyawan dengan metode Key Performance Indicator (KPI). Key performance indicator adalah alat terukur yang digunakan untuk mengukur efisiensi dan efektivitas seorang karyawan. Key performance indicator tidak hanya mengukur kinerja karyawan, tetapi juga dapat dijadikan acuan untuk mengukur kinerja perusahaan. Menggunakan metode ini, karyawan menjadi memiliki aspek-aspek penilaian yang jelas sehingga lebih terukur untuk pencapaiannya. Penelitian ini dilakukan melalui aspek kinerja yang terdiri atas motivasi, ekspektasi sukses, tujuan dan nilai, dan perkembangan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sasaran penelitian ini yaitu Supervisor Dokumen, Pelaksana yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan metode analisis interaktif Miles dan Huberman (2011). Penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan aspek motivasi di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Dalam aspek ekspektasi sukses di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto mencerminkan hasil yang sukses dan sesuai dengan ekspektasi karyawan maupun perusahaan. Aspek tujuan dan nilai di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menunjukan bahwa tujuan dan nilai pribadi karyawan dengan perusahaan saling selaras dan satu tujuan. Aspek perkembangan dan pembelajaran di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto memberikan banyak manfaat untuk peningkatan kinerja dan skill karyawan. Kesimpulan penelitian ini adalah secara keseluruhan penerapan key performance indicator membantu meningkatkan efisiensi dan kinerja karyawan dengan memberikan aspek yang jelas dan terukur. Namun, beberapa kendala ditemukan, seperti kurangnya pemahaman karyawan terhadap key performance indicator dan ketidaksesuaian antara target key performance indicator dengan realitas pekerjaan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pelatihan dan sosialisasi key performance indicator yang lebih intensif, serta peninjauan berkala terhadap relevansi key performance indicator dengan kondisi perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25016 |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Karyawan, Key Performance Indicator, Motivasi, Ekspektasi Sukses, Tujuan dan Nilai, Perkembangan dan Pembelajaran |
Subjects: | E > E216 Employees Rating |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Dicky Dwi Yuliono |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 01:13 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 01:13 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |