Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Attractiveness, Trustworthiness, Expertise Youtuber Fitra Eri terhadap Niat Beli pada Mobil Listrik Hyundai dengan Dimediasi Sikap Konsumen

DWIKISAPUTRA, Dimas Arsilo (2025) Pengaruh Attractiveness, Trustworthiness, Expertise Youtuber Fitra Eri terhadap Niat Beli pada Mobil Listrik Hyundai dengan Dimediasi Sikap Konsumen. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf

Download (543kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf

Download (535kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (656kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (638kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (613kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf

Download (560kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf

Download (560kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA C2C022017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh atribut kredibilitas influencer, yaitu attractiveness, trustworthiness, dan expertise, terhadap sikap konsumen dan niat beli, dengan mengambil studi kasus pada konten yang disajikan oleh Fitra Eri di channel YouTube-nya. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi peran sikap konsumen sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara atribut kredibilitas influencer dan niat beli. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketiga elemen kredibilitas influencer memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen maupun niat beli. Attractiveness influencer terbukti berkontribusi dalam membangun daya tarik visual dan emosional yang mendorong peningkatan sikap positif konsumen, yang selanjutnya berimplikasi pada niat beli. Trustworthiness, yang mencerminkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap kejujuran dan integritas influencer, berperan penting dalam membangun sikap yang positif dan meningkatkan niat beli. Expertise, yang mencerminkan keahlian dan pengetahuan influencer di bidang otomotif, memberikan pengaruh besar dalam meningkatkan keyakinan konsumen terhadap informasi yang disampaikan, sehingga memperkuat Keputusan untuk membeli produk yang dipromosikan. Selain itu, sikap konsumen ditemukan menjadi mediator yang signifikan dalam hubungan antara atribut kredibilitas influencer dengan niat beli, mempertegas peran penting persepsi positif terhadap influencer dalam mendorong keputusan pembelian. Dari sisi teoritis, penelitian ini mendukung dan memperkuat source credibility theory, yang menekankan pentingnya kredibilitas seorang komunikator dalam memengaruhi sikap dan perilaku audiens. Penelitian ini juga memberikan kontribusi pada literatur mengenai peran mediasi sikap konsumen dalam konteks pemasaran berbasis influencer, terutama untuk produk-produk inovatif seperti mobil listrik. Secara praktis, hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku industri untuk lebih selektif dalam memilih influencer yang memiliki daya tarik visual, kepercayaan tinggi, dan keahlian relevan di bidangnya. Bagi perusahaan, strategi pemasaran yang melibatkan influencer seperti Fitra Eri perlu difokuskan pada penyajian konten yang jujur, menarik, dan informatif untuk membangun sikap positif konsumen terhadap produk, sehingga mampu meningkatkan niat beli. Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti pengaruh faktor eksternal yang tidak diukur, seperti kondisi pasar atau tren konsumen. Variasi persepsi konsumen juga dapat dipengaruhi oleh konteks sosial dan budaya, yang tidak sepenuhnya tercakup dalam penelitian ini. Selain itu, penggunaan satu platform media sosial, yaitu YouTube, dapat membatasi generalisasi hasil penelitian untuk platform lain. Penelitian mendatang diharapkan dapat mengakomodasi faktor-faktor tersebut, sehingga dapat memberikan pendekatan yang lebih holistik dalam memahami perilaku konsumen terhadap produk baru. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan penting bagi akademisi maupun praktisi dalam mengembangkan strategi pemasaran berbasis influencer, khususnya untuk produk yang membutuhkan edukasi pasar seperti mobil listrik.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225008
Uncontrolled Keywords: Attractiveness, Trustworthiness, Expertise
Subjects: P > P668 Purchasing
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mr DIMAS ARSILO DWIKISAPUTRA
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:26
Last Modified: 22 Jan 2025 07:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31636

Actions (login required)

View Item View Item