ELISABETH, Eline Ivana (2024) Inovasi M-Paspor pada Layanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Timur. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (234kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2026. Download (377kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2026. Download (412kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2026. Download (317kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (242kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (257kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Eline Ivana Elisabeth-F1B021073-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
M-Paspor merupakan suatu inovasi pelayanan paspor dalam rangka pengadaan praktik pelayanan publik melalui penyempurnaan pelayanan, peningkatan efisiensi, hingga pengembangan kebijakan pelayanan publik. Terobosan inovasi pelayanan berbasis aplikasi ini diterapkan secara serentak di seluruh kantor imigrasi, termasuk Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah aplikasi MPaspor dapat memenuhi atribut inovasi dalam peningkatan layanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informen dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling kemudian dianalisis menggunakan metode analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berfokus pada pemenuhan atribut inovasi menggunakan lima kriteria inovasi Rogers (1983) yang terdiri dari relative advantage, compability, complexity, trialability dan observability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi M-Paspor telah memenuhi atribut inovasi dalam peningkatan layanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur. Pada aspek relative advantage M-Paspor memberikan layanan layanan paspor yang lebih praktis, efektif, efisien, dan pasti. Pada aspek compability MPaspor memiliki sifat kompatibel dengan inovasi yang sebelumnya. Pada aspek trialability M-Paspor telah diujicobakan secara nasional, dan pada aspek observability inovasi dilihat dari kepuasan dan kemudahan telah dirasakan oleh masyarakat. Namun, masih ditemukan kendala teknis dalam penggunaan M-Paspor pada aspek Complexity (kerumitan), tetapi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur memiliki pemecahan masalah agar kendala tersebut tidak menghambat proses adopsi inovasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25062 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Pelayanan Publik, Pelayanan Paspor, M-Paspor |
Subjects: | C > C1020 Customer services C > C432 Civil service |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Eline Ivana Elisabeth |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 01:18 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 01:18 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31657 |
Actions (login required)
View Item |