Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Keberhasilan Implementasi Aplikasi ‘AoRA’ dalam Pengelolaan Kearsipan Laporan Masyarakat di Ombudsman RI

SUHERWIN, Nadya Ramadhani (2025) Keberhasilan Implementasi Aplikasi ‘AoRA’ dalam Pengelolaan Kearsipan Laporan Masyarakat di Ombudsman RI. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2026.

Download (247kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2026.

Download (311kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2026.

Download (250kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadya Ramadhani Suherwin-F1B021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ombudsman Republik Indonesia pada penyelenggaraan e-government turut menggunakan beberapa aplikasi untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan berbasis digital. Salah satu aplikasi yang digunakan di Ombudsman Republik Indonesia adalah aplikasi AoRA (Archive of Report Application). Aplikasi AoRA bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan arsip Laporan Masyarakat. Aplikasi ini turut mendorong peningkatan aksesibilitas dokumen Laporan Masyarakat melalui pengelolaannya menggunakan sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aplikasi AoRA dalam pengelolaan kearsipan Laporan Masyarakat di Ombudsman RI, sekaligus mengkaji penerapannya sebagai bentuk penyelenggaraan e-government. Penelitian ini menggunakan Model Keberhasilan Sistem Informasi oleh DeLone dan McLean (1992), yang terdiri atas kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), penggunaan (use), kepuasan pengguna (user satisfaction), dampak individual (individual impact), dan dampak organisasi (organizational impact). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data berdasarkan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terkait implementasi aplikasi AoRA. Teknik yang digunakan dalam pemilihan informan adalah teknik purposive sampling. Analisis interaktif diterapkan untuk menguraikan hasil penelitian berdasarkan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana (2014), serta teknik triangulasi yang digunakan untuk validitas data sebagai pemeriksaan kembali, sehingga memberikan gambaran yang lebih akurat dan komprehensif terhadap fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi aplikasi AoRA ditunjukkan oleh kemudahan penggunaan, efektivitas pengelolaan kearsipan digital, serta kontribusi aplikasi dalam menciptakan efisiensi operasional organisasi. Aplikasi ini memberikan dampak positif terhadap produktivitas kerja pengguna dan akuntabilitas organisasi, dengan mendukung tercapainya pelaksanaan e-government yang efisien. Ketergantungan pada stabilitas jaringan internet, kompetensi SDM yang belum mumpuni seluruhnya, belum adanya pengembangan fitur sesuai dengan kebutuhan penggunanya, serta belum adanya keterhubungan langsung antara aplikasi AoRA dengan aplikasi lain dalam pengelolaan Laporan Masyarakat masih menjadi tantangan yang dihadapi. Pelaksanaan penguatan infrastruktur jaringan, optimalisasi fitur dan integrasi antar sistem informasi, serta pengembangan kompetensi SDM akan mendorong keberhasilan implementasi aplikasi AoRA secara lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25041
Uncontrolled Keywords: Aplikasi AoRA, E-Government, Laporan Masyarakat, Ombudsman RI
Subjects: A > A443 Archives
D > D174 Digital electronics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. Nadya Ramadhani Suherwin
Date Deposited: 30 Jan 2025 01:35
Last Modified: 30 Jan 2025 01:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31762

Actions (login required)

View Item View Item