VEBRIYANTI, Rema (2025) Kinerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Download (510kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Download (223kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2026. Download (374kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2026. Download (650kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2026. Download (375kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Download (227kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Download (452kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rema Vebriyanti-F1B021006-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas merupakan instansi pemerintah yang dalam pelaksanaan tugasnya berfokus pada penyelenggaraan urusan keagamaan. Penyelenggaraan urusan keagamaan tertuang dalam pelayanan publik seperti layanan haji dan umroh, layanan zakaf dan wakaf, pelayanan pondok pesanten, pelayanan kerukunan beragama, dan pelayanan pendidikan madrasah. Namun sampai saat ini pelayanan yang diberikan tidak semuanya memuaskan, dikarenakan fakta di lapangan menunjukkan masih terdapat aduan masyarakat terkait layanan keagamaan yang kurang efisien dan efektif seperti aduan layanan sertifikasi halal, aduan layanan haji dan umroh, aduan pendidikan madrasah, aduan layanan kantor urusan agama, dan juga aduan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Keberadaan aduan layanan tersebut menjadi alasan untuk melakukan penelitian terkait kinerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik informan ditentukan dengan purposive sampling, dengan analisis interaktif. Model kinerja organisasi yang digunakan Balanced Scorecard dengan aspek keuangan yaitu serapan anggaran dan aspek non keuangan yaitu kepuasan pelayanan publik, hasil kinerja organisasi dan pegawai, serta kompetensi sumber daya manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan pada persepktif keuangan pagu anggaran tahun 2023 sebesar Rp190.036.801.000 dengan realisasi anggaran sebesar Rp189.411.210.233 dan capaian realisasi anggaran 99,67%. Tahun 2024 jumlah anggaran sebesar Rp219.874.137.000 dengan jumlah realisasi anggaran Rp204.396.707.394. dan capaian realisasi anggarab sebesar 90,19%. Hasil tersebut menunjukkan dari aspek keuangan serapan anggarannya bagus. Pada Persepktif Customer kepuasan layanan publik sebesar 90% masyarakat menyatakan (sangat puas), sebesar 10% masyarakat yang menyatakan (puas), dan sisanya 27 masyarakat yang menyatakan (tidak puas). Perspektif bisnis internal hasil kinerja SKP pegawai terdapat 32 pegawai yang rating hsil kinerjanya (sesuai ekspektasi), dan 1 pegawai yang ratingnya (diatas ekspektasi). Untuk hasil perilaku kinerja pegawai terdapat 16 pegawai yang rating prilaku kinerjanya (sesuai ekspektasi), dan 17 pegawai yang rating perilaku kinerjanya (diatas ekspektasi). Untuk hasil kinerja organisasi mendapatkan presentase capaian kinerja 100% dengan kategori (sangat baik). Perspektif Pertumbuhan baik fisik dan non fisik sangat bagus yang dilihat dari adanya pembaruan sarana prasarana dan juga pembaruan regulasi peraturan maupun sistem layanan. Aspek pembelajaran masih terdapat 25% pegawai yang memiliki kompetensi pengetahuan teknologi cukup rendah. Namun untuk mengatasi masalah tersebut sudah diadakan program pelatihan kompetensi pegawai yang sudah di ikuti sebanyak tiga puluh pegawai Kantor Kemenag Banyumas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25098 |
Uncontrolled Keywords: | Balance Scorecard, Kemenag Banyumas, Kinerja Organisasi. |
Subjects: | P > P144 Performance standards |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Rema Vebriyanti |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 08:57 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 08:57 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |