Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kinerja Pelayanan Publik pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto

WULANDARI, Anisa (2025) Analisis Kinerja Pelayanan Publik pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2026.

Download (278kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2026.

Download (357kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2026.

Download (168kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anisa Wulandari-F1B021035-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto dalam menjalankan tugasnya memberikan layanan publik dengan dedikasi tinggi dan standar kualitas yang baik. Namun, dalam pelaksanaan administrasi terutama dalam hal responsivitas dan sikap customer service. Peserta sering kali kesulitan menghubungi Taspen melalui telepon dan media sosial, serta merasa kurang mendapatkan tanggapan yang memadai. Sikap customer service yang kurang ramah dan profesional memperburuk pengalaman peserta dalam mendapatkan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan publik pada PT Taspen Cabang Purwokerto agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, dengan harapan dapat memberikan rekomendasi untuk optimalisasi kinerja yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pemilihan informan berupa snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Untuk meningkatkan validitas data, digunakan strategi triangulasi, yaitu menggunakan berbagai sumber berbeda untuk memastikan keakuratan informasi. Dengan indikator kinerja menurut Dwiyanto (2006), yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produktivitas PT Taspen Purwokerto menghadapi kendala teknis dalam mencapai target pelayanan klaim. Peningkatan infrastruktur teknologi dan pelatihan berkala diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan responsivitas. Keterlibatan pegawai dalam pengambilan keputusan dan peningkatan transparansi informasi diperlukan untuk memperkuat akuntabilitas dan budaya kerja positif. Penggunaan program Taspen Care disarankan untuk menangani keluhan secara efektif. Penerapan kode etik dan sistem evaluasi yang ketat akan mendukung budaya kerja yang positif dan akuntabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25086
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pelayanan Publik, produktivitas, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas Performance, Public Service, Productivity, Responsiveness, Responsibility, Accountability.
Subjects: C > C432 Civil service
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. Anisa Wulandari
Date Deposited: 03 Feb 2025 00:58
Last Modified: 03 Feb 2025 00:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31873

Actions (login required)

View Item View Item