HADIANTO, Puspito (2025) Perancangan Produk Mainan Puzzle Braille sebagai Media Pembelajaran Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) dengan Metode Kansei Engineering. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Download (41kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Download (42kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2026. Download (60kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2026. Download (300kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2026. Download (52kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2026. Download (820kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
|
PDF (BabVI)
BAB-VI-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Download (43kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Download (119kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Puspito Hadianto-H1E020011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Anak-anak berkebutuhan khusus (tunanetra) adalah anak yang mengalami gangguan penglihatan di mana anak tersebut mengalami kurang penglihatan (low vision) atau mengalami kebutaan total (totally blind). Dampak dari akibat gangguan penglihatan yang dialami anak-anak tunanetra, membuat anak-anak tunanetra memiliki karakteristik yang berbeda dari anak normal pada umumnya. Perkembangan dalam aspek kognitif anak-anak tunanetra cenderung mengalami keterlambatan, hal ini dikarenakan pengenalan visual dunia luar anak tidak didapatkan dengan lengkap. Keterlambatan kognitif anak dapat diatasi melalui penggunaan media mainan. Aktivitas bermain sangat penting dalam tumbuh kembang anak termasuk anak-anak tunanetra, karena membantu mereka dalam mengeksplorasi dan memahami lingkungan yang ada di sekitarnya.Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana merancang mainan puzzle jika dilihat dari aspek kognitif anak tunanetra, merancang mainan puzzle sampai pada tahap prototype dan melakukan pengujian terhadap aspek kognitif anak tunanetra. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kansei engineering. Hasil dari perancangan terdapat beberapa tahapan diantaranya tahap pra rancangan, tahap evaluasi, dan tahap perancangan perancangan berdasarkan kansei word. Kemudian didapatkan rancangan puzzle yang mudah untuk di raba, mudah diingat, serta rancangan puzzle yang dapat melatih kemampuan bernalar pada anak-anak. Perancangan menggunakan kansei engineering di dapatkan 19 kata kansei yang kemudian dikategorikan menjadi 6 kategori diantaranya ramah pengguna, menarik, menyenangkan, aman, dapat diandalkan, dan rapi. Kemudian hasil dari pengujian prototype puzzle braille didapatkan persentase rata-rata kemampuan anak dalam mengingat, bernalar, dan mengenal adalah sekitar 76% yang berartikan kemampuan anak sangat baik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | H25016 |
| Uncontrolled Keywords: | tunanetra, kognitif, puzzle braille, kansei engineering, perancangan produk |
| Subjects: | B > B235 Blind Education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
| Depositing User: | Mr. Puspito Hadianto |
| Date Deposited: | 04 Feb 2025 10:27 |
| Last Modified: | 04 Feb 2025 10:27 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
