MAHESWARI, Nindya Fadhila (2024) Implementasi Program Rencana Pembayaran Bertahap pada Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Download (95kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Download (83kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (101kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (222kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (142kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Download (79kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Download (98kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nindya Fadhila Maheswari-F1B021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
Abstract
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bertugas menyediakan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan menghadapi tantangan dalam memastikan kesetaraan pelayanan, terutama di masa pandemi Covid-19, di mana banyak peserta mengalami kesulitan dalam membayar iuran akibat krisis ekonomi. Salah satu solusi yang diterapkan untuk mengatasi masalah ini adalah melalui Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab). Program ini memungkinkan peserta untuk melunasi tunggakan iuran secara bertahap melalui aplikasi Mobile JKN, dengan tujuan mengaktifkan kembali status kepesertaan dan mempermudah akses layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Program Rehab pada aplikasi Mobile JKN di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Purbalingga. Penelitian ini menggunakan Model Tranformasi e-government oleh Bertot, Jaeger, dan Grimes (2010), yang terdiri atas transformasi layanan publik, peningkatan efisiensi, aksesibilitas dan partisipasi, serta transparansi dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan observasi melalui pengumpulan data berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pihak yang berhasil diwawancara pada penelitian ini adalah Pejabat dan Staff BPJS Kesehatan, serta peserta BPJS Kesehatan yang berkaitan dengan Program Rehab pada Aplikasi Mobile JKN. Observasi pada penelitian ini dilakukan dengan mengamati pengimplementasian Program Rehab pada Aplikasi Mobile JKN. Dokumentasi yang didapatkan dalam penelian ini adalah dokumen yang relevan dengan Program Rehab. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana, yang melibatkan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, yang membandingkan data dari berbagai sumber dan alat untuk memperoleh hasil yang lebih valid. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Cabang Purbalingga telah mempermudah akses dan meningkatkan efisiensi layanan. Aplikasi ini mengurangi antrian panjang di kantor BPJS dan memungkinkan masyarakat mengakses layanan kesehatan secara online. Melalui fitur Rehab, peserta dapat membayar tunggakan iuran secara bertahap, yang mendukung peningkatan kualitas layanan. Aplikasi Mobile JKN dan Program Rehab juga meningkatkan efisiensi waktu, optimalisasi sumber daya, serta mempermudah administrasi dan akses informasi bagi peserta. Program Rehab dapat membantu meningkatkan partisipasi peserta, serta memberikan fleksibilitas dalam pembayaran tunggakan iuran meskipun menghadapi kesulitan finansial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25124 |
Uncontrolled Keywords: | BPJS Kesehatan, e-government, Mobile JKN, Program Rehab |
Subjects: | H > H56 Health insurance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Nindya Fadhila Maheswari |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |