REZQIA, Gita (2025) Transformasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ke Modul Ajar SMA Negeri di Kota Purwokerto pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Download (28kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Download (121kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (61kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (251kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (58kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Download (49kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Gita Rezqia-J1D020024-Skripsi-2025.pdf Download (183kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Gita Rezqia-J1D020024-Skiripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka merupakan upaya pembaruan dari pemerintah untuk menangani masalah pendidikan selama pandemi. Bergantinya kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka membawa transformasi dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ke modul ajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan transformasi dari RPP ke modul ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan perspektif guru terhadap perubahan RPP ke modul ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri atas tiga tahapan yaitu (1) tahap reduksi, (2) tahap penyajian data, serta (3) tahap penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan validasi data berupa triangulasi teori dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) adanya pergantian kompetensi dari KI/KD menjadi CP dan penambahan format pada modul ajar yang terbagi menjadi tiga elemen yaitu informasi umum, komponen inti, dan lampiran-lampiran; (2) guru membutuhkan waktu, bahan ajar, serta referensi yang cukup agar dapat mengimplementasikan modul ajar secara maksimal. Transformasi RPP ke modul ajar pada SMA negeri di kota Purwokerto memberikan perubahan dan penambahan pada elemen rencana pembelajaran. Guru dibebaskan untuk mengeksplor konten pembelajaran namun guru masih membutuhkan waktu serta bahan ajar yang mendukung materi pembelajaran dalam menyusun modul ajar.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25038 |
| Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Perspektif Guru |
| Subjects: | C > C1018 Curriculum planning S > S774 Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Gita Rezqia |
| Date Deposited: | 07 Feb 2025 02:17 |
| Last Modified: | 07 Feb 2025 02:17 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
