PRASETIYO, Zulfa Nur Indra (2019) Analisis dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Download (34kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Download (181kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB-I-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (BabII)
BAB-II-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB-III-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB-IV-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (BabV)
BAB-V-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Download (178kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ZULFA NUR INDRA PRASETIYO-C1B014034-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian observasi pada sistem antrian kantor PT.Pos Indonesia (Persero) yang berada di Purwokerto. Judul yang diambil peneliti adalah: “Analisis dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Purwokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan ukuran kinerja sistem antrian pada kantor pos Purwokerto serta melakukan berbagai simulasi model antrian dan menilai apakah model sistem antrian yang saat ini diterapkan sudah optimal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan pada kantor pos yang mengambil nomor antrian dan selesai dilayani di loket pelayanan pada waktu yang ditentukan peneliti. Random sampling method digunakan dalam penentuan data sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan simulasi model antrian menggunakan software Arena menunjukan bahwa: (1) Model yang diterapkan pada sistem antrian kantor pos Purwokerto saat ini adalah (M/M/4) : (GD/∞/∞) dengan rata-rata tangkat kedatangan 34.55 dan rata-rata tingkat pelayanan 8,66 setiap 1 jam. Model ini sudah memenuhi steady state karena ρ<1 yaitu 0.99. Ukuran kinerja dalam interval waktu 1 jam yaitu Lq sebesar 3.735, Ls sebesar 7.725, Wq sebesar 0.108 dan Ws sebesar 0.216, hal ini menunjukan bahwa model (M/M/4) : (GD/∞/∞) sudah optimal ukuran kinerjanya, (2) Berdasarkan simulasi dengan menggunakan model (M/M/3) : (GD/∞/∞), ukuran kinerja antrian tidak kurang baik, (3) Hasil simulasi menunjukan model (M/M/5) : (GD/∞/∞) dan (M/M/6) : (GD/∞/∞) tidak berbeda jauh ukuran kinerjanya, Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu untuk menigkatkan kinerja sistem anntrian PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Purwokerto perlu memperhatikan jumlah fasilitas pelayanan yang aktif pada jam-jam tertentu. Upaya yang dapat dilakukan salah satunya dengan menerapkan model (M/M/5) : (GD/∞/∞) pada jamjam sibuk. Kantor pos Purwokerto juga diharapkan merekam data antrian yang masuk setiap harinya dalam komputer server sistem antrian elektronik yang beberapa saat lalu baru diterapkan. Data rekaman tersebut diharapkan akan membantu dalam penentuan model antrian atau jumlah fasilitas pelayanan yang sesuai untuk diterapkan pada waktu yang tepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19069 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis,Sistem Antrian, Pelayanan |
Subjects: | C > C432 Civil service |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 07:04 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 08:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3216 |
Actions (login required)
View Item |