Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Teks Deskripsi Karangan Siswa Kelas IX C SMP Negeri 1 Gumelar

AMARA, Vabian (2025) Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Teks Deskripsi Karangan Siswa Kelas IX C SMP Negeri 1 Gumelar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2026.

Download (227kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2026.

Download (266kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2026.

Download (197kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Vabian Amara-J1D021050-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Keterampilan bahasa memiliki tingkat kepentingan yang sama dalam proses komunikasi tetapi menulis sering kali dianggap lebih sulit. Analisis kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada teks deskripsi karangan sisiwa kelas IX C SMP N 1 Gumelar memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan bahasa Indonesia serta mendeskripsikan faktor yang memengaruhi kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks deskripsi karangan sisiwa kelas IX C SMP N 1 Gumelar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara dengan teknik baca dan catat. Metode analisis data menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 328 kesalahan ejaan bahasa Indonesia yang dilakukan siswa dengan rincian 169 data mengandung kesalahan penulisan huruf, 68 data mengandung kesalahan penulisan kata, dan 91 data mengandung kesalahan penggunaan tanda baca. Jenis kesalahan penulisan huruf kapital lebih sering ditemukan. Selain itu, faktor yang memengaruhi kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks deskripsi karangan siswa seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap aturan ejaan yang benar. Di sisi lain, guru juga memengaruhi kesalahan ejaan siswa. Kurangnya pemberian materi pada aturan ejaan membuat pemahaman siswa mengenai ejaan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25039
Uncontrolled Keywords: ejaan, kesalahan bahasa, morfologi, teks deskripsi.
Subjects: L > L51 Language and languages
S > S591 Spelling
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Vabian Amara
Date Deposited: 07 Feb 2025 03:02
Last Modified: 07 Feb 2025 03:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32183

Actions (login required)

View Item View Item