SHOFA, Kharisma Vaila (2025) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kompetensi dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Download (30kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Download (72kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (190kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (376kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB- III-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (259kB) |
![]() |
PDF (BbIV)
BAB-IV-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (995kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Download (187kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Download (349kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kharisma Vaila Shofa-F1B021091-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
Abstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya kinerja pegawai sebagai tolak ukur keberhasilan organisasi publik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Purwokerto telah menunjukkan peningkatan kinerja selama lima tahun terakhir, tetapi masih terdapat beberapa permasalahan yang perlu diatasi, seperti kurangnya penguasaan teknologi, keterlambatan penyelesaian tugas, kurangnya kerja sama dan respons aktif serta budaya sadar risiko yang belum optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai di KPPN Purwokerto. Konsep dan teori yang berkaitan dengan administrasi publik, manajemen publik, manajemen sumber daya manusia (MSDM) serta faktor-faktor yang memengaruhi kinerja pegawai menjadi penting untuk dikaji dalam menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai KPPN Purwokerto. Indikator pengukuran dalam penelitian ini dikembangkan untuk membantu penelitian empiris, sementara studi teoritis yang mendalam menjadi dasar teoritis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatori. Data diperoleh melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi, kemudian diolah dan dianalis menggunakan SPSS versi 29 dengan teknik statistik korelasi kendall tau dan korkodansi kendall’s w untuk mengetahui hubungan serta regresi ordinal untuk mengetahui pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pemanfaatan teknologi dan kompetensi tidak berpengaruh signifikan dengan diperoleh nilai chi square hitung < chi square tabel. Pemanfaatan teknologi memperoleh nilai 5,878 < 7,878 dan kompetensi memperoleh nilai 9,344 < 10,597. Sedangkan secara parsial, kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai chi square yang diperoleh 11,923>10,597. Selain itu, secara simultan pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi dan pengalaman kerja juga tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan diperoleh nilai chi square hitung < chi square tabel (14,836>29,819). Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi informasi memiliki hubungan yang lemah dan pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan kompetensi dan gabungan dari ketiga variabel memiliki hubungan yang kuat tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Disamping itu, pengalaman kerja memiliki hubungan yang kuat dan pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Untuk itu, perlunya instansi meningkatkan kompetensi dan pengalaman kerja, memaksimalkan adaptasi teknologi informasi serta memberikan fokus terhadap integrasi ketiganya sehingga dapat mendukung dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25130 |
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, kinerja pegawai, pemanfaatan teknologi informasi, pengalaman kerja, pelayanan publik |
Subjects: | E > E216 Employees Rating |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Kharisma Vaila Shofa |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:46 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:46 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |