Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh game, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto

AULIA RAHMAN, Ardiansyah (2019) Pengaruh game, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEMBAR PENGESAHAN- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK 1- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada siswa-siswi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Game , Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa-siswi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 125 responden. Simple Random Sampling digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Ganda menunjukkan bahwa: (1) Game berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa, (2) Disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, (3) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu 1. Sekolah dapat melakukan pengarahan kepada orang tua siswa untuk selalu mengawasi kegiatan siswa terutama dalam bermain game agar tidak mengganggu waktu belajar. Apabila siswa terlalu sering bermain game, siswa akan cenderung malas belajar sehingga siswa tidak maksimal dalam belajar. Dengan peningkatan pengawasan yang dilakukan orang tua, maka siswa akan mengurangi waktu dalam bermain game, sehingga siswa dapat meningkatkan semangat belajar dan akan fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 2. Guru diharapkan dapat rutin memberikan tugas mencari materi maupun tugas yang harus dikerjakan dirumah, sehingga siswa akan mempersiapkan materi pembelajaran sebelum KBM dimulai secara terstruktur. Selain itu, pihak sekolah diharapkan dapat menerapkan peraturan yang lebih tegas siswa, sehingga akan memperkecil kemungkinan adanya pelanggaran. Apabila siswa mempersiapkan materi pembelajaran dan menaati peraturan dengan baik, maka akan tercipta suasana belajar yang nyaman dan kondusif yang akan menjadikan hasil belajar menjadi lebih maksimal. 3. Guru diharapkan memberikan kepercayaan diri kepada siswa dengan menciptakan suasana kelas yang aktif, sehingga siswa dapat menikmati proses pembelajaran dan termotivasi untuk mempelajari materi secara mendalam. Apabila siswa merasa nyaman dalam belajar maka akan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19108
Uncontrolled Keywords: Game,Disiplin Belajar,Motivasi Belajar,Hasil Belajar
Subjects: P > P612 Psychology of learning
S > S769 Students
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:13
Last Modified: 12 Aug 2020 02:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3243

Actions (login required)

View Item View Item