AULIA RAHMAN, Ardiansyah (2019) Pengaruh game, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Download (104kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEMBAR PENGESAHAN- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK 1- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Download (154kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB I- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (BabII)
BAB II- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB III- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB IV- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
PDF (BabV)
BAB V- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Download (228kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Ardiansyah AR-C1M014040-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada siswa-siswi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Game , Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa-siswi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 125 responden. Simple Random Sampling digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Ganda menunjukkan bahwa: (1) Game berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa, (2) Disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, (3) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu 1. Sekolah dapat melakukan pengarahan kepada orang tua siswa untuk selalu mengawasi kegiatan siswa terutama dalam bermain game agar tidak mengganggu waktu belajar. Apabila siswa terlalu sering bermain game, siswa akan cenderung malas belajar sehingga siswa tidak maksimal dalam belajar. Dengan peningkatan pengawasan yang dilakukan orang tua, maka siswa akan mengurangi waktu dalam bermain game, sehingga siswa dapat meningkatkan semangat belajar dan akan fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 2. Guru diharapkan dapat rutin memberikan tugas mencari materi maupun tugas yang harus dikerjakan dirumah, sehingga siswa akan mempersiapkan materi pembelajaran sebelum KBM dimulai secara terstruktur. Selain itu, pihak sekolah diharapkan dapat menerapkan peraturan yang lebih tegas siswa, sehingga akan memperkecil kemungkinan adanya pelanggaran. Apabila siswa mempersiapkan materi pembelajaran dan menaati peraturan dengan baik, maka akan tercipta suasana belajar yang nyaman dan kondusif yang akan menjadikan hasil belajar menjadi lebih maksimal. 3. Guru diharapkan memberikan kepercayaan diri kepada siswa dengan menciptakan suasana kelas yang aktif, sehingga siswa dapat menikmati proses pembelajaran dan termotivasi untuk mempelajari materi secara mendalam. Apabila siswa merasa nyaman dalam belajar maka akan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19108 |
Uncontrolled Keywords: | Game,Disiplin Belajar,Motivasi Belajar,Hasil Belajar |
Subjects: | P > P612 Psychology of learning S > S769 Students |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 14 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 02:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 02:13 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3243 |
Actions (login required)
View Item |