PUTRI, Cellinta Windiyani (2025) Disiplin Kerja Pegawai Pada Bagian Pelayanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Download (332kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Download (234kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 11 February 2026. Download (311kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 11 February 2026. Download (390kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only until 11 February 2026. Download (338kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Download (234kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Download (304kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Cellinta Windiyani Putri-F1B021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Disiplin kerja merupakan salah satu aspek yang paling penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap mempunyai peran penting dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sebagai institusi yang melaksanakan pelayanan terhadap para pemohon keimigrasian sesuai dengan misi yang sudah ditetapkan, yang salah satunya adalah mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Salah satu pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap adalah pembuatan paspor. Sehingga untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap harus meningkatkan disiplin kerja pegawainya. Di sisi lain, Ombudsman Republik Indonesia menilai potret pelayanan publik masih bertele-tele, mahal, dan petugas yang tidak kompeten. Berdasarkan hal tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Disiplin Kerja Pegawai pada Bagian Pelayanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada. Sasaran penelitian adalah pegawai di bagian pelayanan paspor Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap dan pemohon yang membuat atau mengambil paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dengan teknik validitas dan reliabilitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Kerja Pegawai di Bagian Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap sudah dilaksanakan dengan baik. Ditandai dengan kehadiran pegawai tepat waktu, kepatuhan terhadap peraturan, dan penyelesaian tugas sesuai standar operasional prosedur (SOP). Selain itu, pegawai juga berhasil memenuhi target pelayanan paspor yang telah ditetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap menunjukkan disiplin tinggi dalam tiga aspek utama: waktu, peraturan, dan tanggung jawab. Mereka selalu hadir tepat waktu, menaati jam kerja, dan menyelesaikan tugas sesuai jadwal, mencerminkan kesadaran akan pentingnya efisiensi waktu pelayanan paspor. Kepatuhan terhadap peraturan, termasuk pelaksanaan tugas sesuai SOP dan penggunaan seragam yang benar, menunjukkan integritas kerja yang memperkuat citra profesional institusi. Selain itu, pegawai bertanggung jawab dalam memenuhi target kerja dan menjaga produktivitas, yang terbukti dari jumlah paspor yang diproses dan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi. Untuk mempertahankan capaian ini, diperlukan sistem pengawasan waktu yang konsisten, pelatihan pembaruan regulasi, dan penilaian kinerja berbasis hasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25107 |
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Paspor |
Subjects: | C > C1020 Customer services Q > Q2 Quality control |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Cellinta Windiyani Putri |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 01:10 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 01:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |