Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi E-Government dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi kasus Pusaka Mas: Pusat Aplikasi Kementerian Agama Kabupaten Banyumas)

SUCI, Maya Fajriyah (2025) Implementasi E-Government dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi kasus Pusaka Mas: Pusat Aplikasi Kementerian Agama Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf

Download (251kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 February 2026.

Download (283kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 February 2026.

Download (614kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 February 2026.

Download (306kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf

Download (260kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Maya Fajriyah Suci-F1B021001-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya tuntutan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pusaka Mas merupakan inovasi e-government yang salah satu tujuannya yaitu memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan dan informasi Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Namun dalam implementasinya belum banyak masyarakat yang mengetahui dan menggunakan Pusaka Mas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi e-government dalam rangka meningkatkan pelayanan publik pada Pusaka Mas (Pusat Aplikasi Kementerian Agama Kabupaten Banyumas). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori keberhasilan e-government Indrajit yang memiliki tiga elemen yaitu Support (Dukungan), Capacity (Sumber Daya), dan Value (Manfaat). Hasil dan pembahasan penelitian pada elemen Support yaitu sudah baik tetapi untuk publikasi atau sosialiasi perlu ditingkatkan. Pada elemen Capacity (Sumber Daya), ketersediaan sumber daya manusia memadai hanya saja perlu adanya pengembangan skill IT untuk pegawai PTSP supaya lebih handal dalam pengoperasian. Kemudian mengenai sumber daya finansial, biaya pemeliharaan komputer dan laptop sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan kualitas teknologi. Ketersediaan sumber daya infrastruktur teknologi dalam pengimplementasian Pusaka Mas sudah memadai tetapi masih perlu ditingkatkan seperti kualitas komputer dan jaringan wifi yang digunakan. Selanjutnya elemen value (Manfaat) dari Pusaka Mas bagi Kemenag Banyumas sudah cukup baik. Namun manfaat Pusaka Mas bagi masyarakat masih perlu ditingkatkan mengingat belum banyak masyarakat yang menggunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25141
Uncontrolled Keywords: E-Government, Implementasi, Pelayanan Publik
Subjects: C > C432 Civil service
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. MAYA FAJRIYAH SUCI
Date Deposited: 11 Feb 2025 01:50
Last Modified: 11 Feb 2025 01:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32451

Actions (login required)

View Item View Item