RIZKIANI, Luthfiya (2025) Gambaran Disposition Critical Thinking dalam Metode Belajar Case Based Learning (CBL) pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Download (248kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Download (474kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Download (307kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Download (643kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar Belakang: Disposition critical thinking merupakan kecenderungan yang mendukung pengembangan kemampuan critical thinking yang merupakan salah satu konsep penting dalam bidang keperawatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan memiliki disposition critical thinking yang kurang optimal. Salah satu metode yang dapat mengembangkan disposition critical thinking adalah Case Based Learning (CBL), sebuah metode pembelajaran interaktif yang dapat menstimulasi keterampilan critical thinking. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi gambaran disposition critical thinking dalam metode belajar Case Based Learning (CBL) pada mahasiswa keperawatan Unsoed. Metodologi: Penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, melibatkan 266 mahasiswa keperawatan Unsoed yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner Critical Thinking Disposition Scale (CTDS) yang disebarkan dalam bentuk google form dan kemudian diolah menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa responden berusia antara 17 hingga 25 tahun, dengan mayoritas berjenis kelamin perempuan, dan berasal dari angkatan 2023 dan 2024. Sebanyak 159 mahasiswa (59,8%) memiliki disposition critical thinking kategori tinggi, 97 mahasiswa (36,5%) kategori sedang, dan 10 mahasiswa (3,8%) kategori rendah. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas mahasiswa keperawatan Unsoed memiliki disposition critical thinking yang tinggi dengan menggunakan metode Case Based Learning (CBL).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I25137 |
Uncontrolled Keywords: | Case Based Learning (CBL), disposition critical thinking, mahasiswa keperawatan |
Subjects: | S > S91 School nurses |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Mrs Luthfiya Rizkiani |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 06:40 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |