Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Gambaran Disposition Critical Thinking dalam Metode Belajar Case Based Learning (CBL) pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman

RIZKIANI, Luthfiya (2025) Gambaran Disposition Critical Thinking dalam Metode Belajar Case Based Learning (CBL) pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf

Download (248kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf

Download (474kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf

Download (307kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf

Download (643kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Luthfiya Rizkiani I1B021081_FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang: Disposition critical thinking merupakan kecenderungan yang mendukung pengembangan kemampuan critical thinking yang merupakan salah satu konsep penting dalam bidang keperawatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan memiliki disposition critical thinking yang kurang optimal. Salah satu metode yang dapat mengembangkan disposition critical thinking adalah Case Based Learning (CBL), sebuah metode pembelajaran interaktif yang dapat menstimulasi keterampilan critical thinking. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi gambaran disposition critical thinking dalam metode belajar Case Based Learning (CBL) pada mahasiswa keperawatan Unsoed. Metodologi: Penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, melibatkan 266 mahasiswa keperawatan Unsoed yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner Critical Thinking Disposition Scale (CTDS) yang disebarkan dalam bentuk google form dan kemudian diolah menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa responden berusia antara 17 hingga 25 tahun, dengan mayoritas berjenis kelamin perempuan, dan berasal dari angkatan 2023 dan 2024. Sebanyak 159 mahasiswa (59,8%) memiliki disposition critical thinking kategori tinggi, 97 mahasiswa (36,5%) kategori sedang, dan 10 mahasiswa (3,8%) kategori rendah. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas mahasiswa keperawatan Unsoed memiliki disposition critical thinking yang tinggi dengan menggunakan metode Case Based Learning (CBL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I25137
Uncontrolled Keywords: Case Based Learning (CBL), disposition critical thinking, mahasiswa keperawatan
Subjects: S > S91 School nurses
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mrs Luthfiya Rizkiani
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:40
Last Modified: 24 Feb 2025 06:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32752

Actions (login required)

View Item View Item