DHARMAPUTRI, Indriyani (2025) Pemaknaan Khalayak mengenai Isu Perubahan Iklim dalam Kampanye Apple: Mother Nature. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Download (176kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Download (237kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 28 February 2026. Download (278kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Restricted to Registered users only until 28 February 2026. Download (324kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 28 February 2026. Download (234kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Download (223kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Download (298kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
Abstract
Perubahan iklim menjadi isu global yang mendesak, mendorong perusahaan seperti Apple untuk mengampanyekan kesadaran lingkungan melalui tayangan Mother Nature. Namun, keberagaman respons khalayak mengenai kampanye isu perubahan iklim belum banyak diteliti, padahal pemahaman atas opini publik dapat mengungkap dinamika sosial di era digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pemaknaan khalayak mengenai kampanye Mother Nature, mengkategorisasi khalayak serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pemaknaan. Metode dalam penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis resepsi yang didukung oleh teori Stuart Hall. Data dikumpulkan melalui FGD, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan melibatkan 10 informan dari berbagai latar belakang. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemaknaan khalayak terhadap kampanye Mother Nature bersifat polisemi, dengan tiga kategori khalayak; (1) dominant hegemonic, yang melihat Apple sebagai merek peduli lingkungan; (2) negotiated, yang mengkritik sekaligus mengapresiasi pesan kampanye; dan (3) oppositional, yang meragukan niat Apple. Selain itu, 4 faktor signifikan memengaruhi pemaknaan, yaitu pengalaman menangani isu perubahan iklim, akses media, usia, dan tujuan penggunaan produk Apple. Temuan ini berkontribusi pada praktik kampanye dan pengembangan ilmu komunikasi lingkungan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225089 |
| Uncontrolled Keywords: | pemaknaan khalayak, isu perubahan iklim, kampanye Apple |
| Subjects: | C > C33 Campaigns C > C475 Climate |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Indriyani Dharmaputri |
| Date Deposited: | 28 Feb 2025 08:36 |
| Last Modified: | 28 Feb 2025 08:36 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
