Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pemaknaan Khalayak mengenai Isu Perubahan Iklim dalam Kampanye Apple: Mother Nature

DHARMAPUTRI, Indriyani (2025) Pemaknaan Khalayak mengenai Isu Perubahan Iklim dalam Kampanye Apple: Mother Nature. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 February 2026.

Download (278kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2026.

Download (324kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 February 2026.

Download (234kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-INDRIYANI DHARMAPUTRI-F2C023022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)

Abstract

Perubahan iklim menjadi isu global yang mendesak, mendorong perusahaan seperti Apple untuk mengampanyekan kesadaran lingkungan melalui tayangan Mother Nature. Namun, keberagaman respons khalayak mengenai kampanye isu perubahan iklim belum banyak diteliti, padahal pemahaman atas opini publik dapat mengungkap dinamika sosial di era digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pemaknaan khalayak mengenai kampanye Mother Nature, mengkategorisasi khalayak serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pemaknaan. Metode dalam penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis resepsi yang didukung oleh teori Stuart Hall. Data dikumpulkan melalui FGD, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan melibatkan 10 informan dari berbagai latar belakang. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemaknaan khalayak terhadap kampanye Mother Nature bersifat polisemi, dengan tiga kategori khalayak; (1) dominant hegemonic, yang melihat Apple sebagai merek peduli lingkungan; (2) negotiated, yang mengkritik sekaligus mengapresiasi pesan kampanye; dan (3) oppositional, yang meragukan niat Apple. Selain itu, 4 faktor signifikan memengaruhi pemaknaan, yaitu pengalaman menangani isu perubahan iklim, akses media, usia, dan tujuan penggunaan produk Apple. Temuan ini berkontribusi pada praktik kampanye dan pengembangan ilmu komunikasi lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225089
Uncontrolled Keywords: pemaknaan khalayak, isu perubahan iklim, kampanye Apple
Subjects: C > C33 Campaigns
C > C475 Climate
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Indriyani Dharmaputri
Date Deposited: 28 Feb 2025 08:36
Last Modified: 28 Feb 2025 08:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32800

Actions (login required)

View Item View Item