SHOLEHATI, Sholehati (2016) Faktor-faktor yang Memengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Download (618kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Download (665kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 March 2026. Download (709kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 March 2026. Download (848kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 March 2026. Download (759kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Download (654kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Download (646kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-SHOLEHATI C1C012015 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh jenjang pendidikan, lama usaha, pelatihan, dan pemahaman terhadap penerapan SAK ETAP. Hipotesis yang diajukan adalah jenjang pendidikan, lama usaha, pelatihan, dan pemahaman dapat meningkatkan penerapan SAK ETAP pada UMKM. Penelitian ini menggunakan pelaku UMKM Purwokerto yang terdaftar pada Disperindagkop Kabupaten Banyumas sebagai responden penelitian. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel penelitian adalah metode disproportionate stratified random sampling yang ketika dihitung menggunakan rumus Slovin sampel minimal untuk penelitian ini adalah 97,69 dan dibulatkan menjadi 98 pelaku UMKM. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenjang pendidikan, pelatihan, dan pemahaman dapat meningkatkan penerapan SAK ETAP pada UMKM. Sedangkan lama usaha tidak dapat meningkatkan penerapan SAK ETAP pada UMKM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C16206 |
Uncontrolled Keywords: | jenjang pendidikan, lama usaha, pelatihan, pemahaman, SAK ETAP |
Subjects: | S > S399 Small business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 05:05 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 05:05 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |