Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Studi Quasi-Eksperimental Pengajaran IFRS Berbasis Kerangka Konseptual Akuntansi

NINGRUM, Zeni Dwi (2016) Studi Quasi-Eksperimental Pengajaran IFRS Berbasis Kerangka Konseptual Akuntansi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf

Download (604kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2026.

Download (728kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2026.

Download (861kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2026.

Download (738kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf

Download (616kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf

Download (701kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ZENI DWI NINGRUM -C1C012040 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan pengajaran IFRS berbasis kerangka konseptual akuntansi merupakan metode pendekatan IFRS yang disusun oleh IFRS Foundation Initiative Education Staff. Pendekatan pengajaran IFRS berbasis kerangka konseptual akuntansi merupakan metode pengajaran yang menggabungkan antara kerangka konseptual dengan materi pokok dan latihan-latihan untuk membantu peserta pembelajaran melatih kemampuan membuat pertimbangan dan estimasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada perbedaan outcome pembelajaran antara peserta pembelajaran yang belajar menggunakan pendekatan pengajaran IFRS berbasis kerangka konseptual akuntansi dengan peserta pembelajaran yang belajar menggunakan pendekatan pengajaran IFRS berbasis bukan kerangka konseptual akuntansi. Jenis penelitian ini quasi-eksperimental dengan responden mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman yang menempuh mata kuliah akuntansi keuangan menengah di semester tiga. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan pengetahuan terkait kerangka konseptual, 2) tidak terdapat perbedaan pengetahuan terkait perlakuan akuntansi atas transaksi (aset tetap), dan 3) terdapat perbedaan kemampuan membuat pertimbangan dan estimasi. Implikasi dari penelitian ini adalah meskipun pendekatan pengajaran IFRS berbasis kerangka konseptual menggabungkan tiga pengetahuan yaitu tentang kerangka konseptual, materi bab aset tetap dan pertimbangan serta estimasi, tetapi peserta pembelajaran tidak mengalami perbedaan pengetahuan tentang aset tetap yang menjadi pokok materi. Bahkan peserta pembelajaran justru mampu menambah pengetahuan mereka terkait kerangka konseptual dan pertimbangan serta estimasi secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C16238
Uncontrolled Keywords: IFRS, pendekatan pengajaran berbasis kerangka konseptual, outcome pembelajaran, aset tetap
Subjects: A > A29 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Endah Yuni Astuti
Date Deposited: 13 Mar 2025 04:36
Last Modified: 13 Mar 2025 04:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item View Item