Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Resepsi Isu Boikot di X Oleh Pelanggan Starbucks Purwokerto (Studi Kasus Mahasiswa FISIP Unsoed)

RIZKY, Nur (2025) Analisis Resepsi Isu Boikot di X Oleh Pelanggan Starbucks Purwokerto (Studi Kasus Mahasiswa FISIP Unsoed). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (335kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (410kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2026.

Download (541kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 17 April 2026.

Download (470kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2026.

Download (434kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (375kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (439kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nur Rizky IN-F1C021056-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)

Abstract

Studi ini menganalisis resepsi atau pemaknaan pelanggan Starbucks Purwokerto terhadap isu boikot yang berkembang di media sosial X. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Teori ini berfokus pada pemaknaan khalayak atas media massa dan bagaimana menginterpretasikan kembali isi pesan media. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan tiga posisi resepsi pelanggan yaitu Dominant Hegemonic Position, Negotiated Position, dan Oppositional Position. Pada Dominant Hegemonic Position, pelanggan menerima isu boikot sesuai dengan pesan yang disampaikan di media sosial. Pada Negotiated Position, pelanggan menerima sebagian pesan namun menyesuaikannya dengan konteks pribadi. Sedangkan pada Oppositional Position, pelanggan menolak pesan boikot dan memiliki pandangan yang berbeda. Penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang sosial, budaya, dan pengalaman individu memengaruhi resepsi pelanggan terhadap isu boikot. Temuan ini memberikan gambaran tentang bagaimana media sosial memengaruhi persepsi konsumen terhadap merek global seperti Starbucks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25171
Uncontrolled Keywords: Starbucks, Media sosial, Analisis resepsi, Isu boikot, Loyalitas pelanggan.
Subjects: B > B318 Boycotts
M > M116 Mass media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs. Nur Rizky Intan Nabillati
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:57
Last Modified: 17 Apr 2025 07:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33138

Actions (login required)

View Item View Item