Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Banyumas (Periode Tahun Ajaran 2017/2018)

DEVIANI, Triana (2019) Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Banyumas (Periode Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Triana Deviani-C1A015069-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan kepada peserta didik penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar pada Tahun Ajaran 2017/2018 di Kecamatan Ajibarang. Penelitian ini mengambil judul: “Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Banyumas (Periode Tahun Ajaran 2017/2018)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Banyumas pada periode tahun ajaran 2017/2018 dengan melihat sisi efektivitas, responsivitas, dan ketepatan program tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik yang menerima dana bantuan PIP pada tahun pelajaran 2017/2018 di Kecamatan Ajibarang. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan skala penilaian Total Capaian Responden (TCR) menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan PIP di Kabupaten Banyumas pada tahun ajaran 2017/2018 telah “Sangat Efektif”, (2) Pelaksanaan PIP di Kabupaten Banyumas pada Tahun Ajaran 2017/2018 memberikan “Responsivitas Sangat Kuat” terhadap peserta didik, (3) Dalam pelaksanaannya PIP di Kabupaten Banyumas pada Tahun Ajaran 2017/2018 dana bantuan telah dimanfaatkan oleh peserta didik secara tepat dengan nilai capaian “Ketepatan Kuat”. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu meningkatkan alur komunikasi antara Pemerintah Pusat dan sekolah dengan lebih melibatkan Dinas dan Pemerintah di tingkat Kabupaten dalam tugas monitoring dan pelaporan permasalahan dalam pelaksanaan PIP. Selain itu, adanya pembaruan aturan mengenai PIP khususnya mengenai kewajiban pelaporan pemafaatan dana PIP oleh penerima disarankan, dan peraturan mengenai pemanfaatan dana PIP khususnya dalam Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Tahun 2017 sebaiknya lebih diperinci, dikarenakan masih ditemuinya peserta didik yang tidak menggunakan dana PIP sesuai dengan ketentuan dalam Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Tahun 2017 akan tetapi pemanfaatannya masih sesuai dengan kebutuhan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19232
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kebijakan Publik, Program Indonesia Pintar, Efektivitas,Responsivitas, Ketepatan, Total Capaian Responden
Subjects: B > B60 Basic education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:47
Last Modified: 06 Jan 2020 07:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item