Analisis Perbandingan Pendapatan dan Persepsi Masyarakat Terhadap Ojek Pangkalan dan Ojek Online di Kota Purwokerto

NOVITA, Intan Cahaya (2019) Analisis Perbandingan Pendapatan dan Persepsi Masyarakat Terhadap Ojek Pangkalan dan Ojek Online di Kota Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
2. COVER-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-2019.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-2019.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
5. BAB I-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB II-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB III-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB IV-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB V-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-INTAN CAHYA NOVITA-C1A014078-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Perbandingan Pendapatan dan Persepsi Masyarakat terhadap Ojek Pangkalan dan Ojek Online di Kota Purwokerto”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pendapatan bersih yang di peroleh ojek pangkalan dan ojek online selama sebulan, kemudian untuk mengetahui signifikansi perbedaan pendapatan antara ojek pangkalan dan ojek online dan selanjutnya untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat mengenai ojek pangkalan dan ojek online di Kota Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian survei terhadap ojek pangkalan, ojek online dan masyarakat yang menggunakan jasa tersebut di Kota Purwokerto. Sampel yang digunakan sebanyak 140 responden, yang terbagi menjadi 65 ojek pangkalan, 65 ojek online dan 10 masyarakat. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji t beda dua rata-rata (independent sample t-test). Berdasarkan hasil survei diketahui rata-rata pendapatan kotor yang diterima ojek pangkalan sebesar Rp1.486.076,92 per bulan, sedangkan ojek online sebesar Rp3.742.307,69 per bulan. Kemudian berdasarkan hasil analisis diketahui rata-rata pendapatan bersih ojek pangkalan sebesar Rp794.717,95 per bulan, sedangkan ojek online sebesar Rp2.090.515,38 per bulan. Dari hasil uji independent sample t-test diperoleh masing-masing nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 maka dikatakan terdapat perbadaan yang signifikan atau yang nyata antara pendapatan ojek pangkalan dan ojek online berdasarkan pendapatan kotor, pendapatan bersih dan pendapata total. Sedangkan bagi masyarakat yang menggunakan jasa ojek, didapatkan kesimpulan bahwa sebagian besar lebih memilih menggunakan ojek online dikarenakan lebih mudah untuk dijangkau, tarif yang lebih murah, kualitas pelayanan yang cukup cepat serta banyaknya jenis layanan yang diberikan seperti go-ride, go-car, go-food dan sebagainya. Namun ada sebagian kecil masyarakat yang tidak dapat menggunakan smartphone dan masih membutuhkan adanya ojek pangkalan, sayangnya tempat ojek pangkalan sulit untuk di jangkau dan memiliki tarif yang relatif lebih mahal. Dengan begitu perlu adanya inovasi atau pembaharuan yang di lakukan oleh ojek pangkalan agar dapat menjadi pilihan transportasi yang disenengi masyarakat, seperti penggunaan atribut agar orang dapat mengenali adanya ojek pangkalan, dilakukannya promosi, pemasangan tarif yang tidak terlalu tinggi dan merata, serta pemilihan lokasi yang lebih tersebar ke pemukiman-pemukiman warga atau di berbagai pasar tradisional, karena pada kenyataannya ojek pangkalan masih dibutuhkan bagi konsumen-konsumen lanjut usia yang mana tidak memerlukan penggunana smartphone, atau bagi orang-orang yang tidak memiliki dan tidak dapat menggunakan smartphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19223
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Perbandingan, Persepsi, Ojek Pangkalan, Ojek Online, Kota Purwoketo
Subjects: I > I60 Income
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:39
Last Modified: 07 Jan 2020 07:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item