YUSMAWAN, Aam Putri Mutamimah (2025) Pengaruh Literasi Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X Vokasi Ma Negeri 2 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Download (130kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Download (242kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2026. Download (281kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2026. Download (419kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2026. Download (481kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Download (153kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Download (267kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aam Putri Mutamimah Yusmawan-C1L020040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tingkat pengangguran terbuka di Indonesia, khususnya dari lulusan SMA, masih tinggi. Banyak lulusan SMA tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan belum memiliki keterampilan kerja, sehingga sulit mendapatkan pekerjaan. Salah satu solusi yang dianggap efektif untuk mengatasi hal ini adalah dengan menumbuhkan minat berwirausaha sejak dini. Namun, minat berwirausaha masih tergolong rendah. Faktor yang diduga berpengaruh terhadap minat tersebut adalah literasi kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan pemanfaatan media sosial. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik survei. Sampel diambil sebanyak 137 siswa dari total populasi 209 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Literasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha siswa kelas X vokasi MA Negeri 2 Banyumas, (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha siswa kelas X vokasi MA Negeri 2 Banyumas, (3) Pemanfaatan media sosial berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha siswa kelas X vokasi MA Negeri 2 Banyumas. Implikasi dari penelitian ini yaitu pihak sekolah dan pendidik dapat mengembangkan program pelatihan atau kurikulum yang lebih terfokus pada literasi kewirausahaan untuk memperkuat minat siswa dalam berwirausaha seperti seminar atau workshop, orang tua perlu lebih dilibatkan dalam upaya membangun minat berwirausaha anak, misalnya dengan memberikan dukungan moral, memberikan contoh kewirausahaan dalam keluarga. Seluruh elemen sekolah penting untuk saling bekerja sama untuk lebih mengarahkan siswa menggunakan media sosial sebagai alat untuk mendapatkan informasi seputar kewirausahaan, seperti mengikuti komunitas bisnis online, mempelajari strategi pemasaran digital, dan mengakses konten inspiratif terkait usaha, sehingga media sosial dapat dimanfaatkan lebih optimal sebagai platform edukasi dan peluang usaha bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25267 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Pemanfaatan Media Sosial, Minat Berwirausaha |
Subjects: | E > E356 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs AAM PUTRI MUTAMIMAH YUSMAWAN |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:59 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |