Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Program Kampus Mengajar, Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FEB UNSOED

ILMI, FAZA BAHRUL (2025) Pengaruh Program Kampus Mengajar, Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FEB UNSOED. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Faza Bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Faza bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Faza Bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Faza bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Faza bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Faza bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Faza bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Faza bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Faza bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf

Download (281kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Faza bahrul Ilmi-C1L020041-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Program Kampus Mengajar, motivasi, dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020-2022 yang berjumlah 142 orang. Sampel penelitian berjumlah 47 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert 1 sampai 5 dan data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru. Selain itu, motivasi dan efikasi diri juga berpengaruh positif dan signifikan, dengan motivasi menunjukkan kontribusi paling dominan dalam mempengaruhi minat mahasiswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan minat mahasiswa untuk menjadi guru dapat dicapai melalui pengalaman lapangan seperti Program Kampus Mengajar, serta dengan membangun motivasi dan keyakinan terhadap kemampuan diri. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan minat menjadi guru dapat dilakukan dengan memaksimalkan pelaksanaan Program Kampus Mengajar. Selain itu, penting bagi institusi pendidikan untuk menumbuhkan motivasi dan efikasi diri mahasiswa, agar mereka semakin yakin terhadap kemampuan diri dan terdorong untuk menekuni profesi guru secara sungguh-sungguh sebagai bagian dari upaya memajukan kualitas pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25279
Uncontrolled Keywords: Program Kampus Mengajar, Minat Menjadi Guru, Motivasi, Efikasi diri, Pendidikan Ekonomi
Subjects: A > A31 Achievement motivation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr. FAZA BAHRUL ILMI
Date Deposited: 14 May 2025 06:33
Last Modified: 14 May 2025 06:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33545

Actions (login required)

View Item View Item