Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Dalam Pelestarian Wayang Gagrag Banyumas

DIANTI, Lili Rachma (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Dalam Pelestarian Wayang Gagrag Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (216kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (449kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (216kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lili Rachma Dianti-F1C021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Banyumas merupakan wilayah yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat dan menyebabkan budaya Banyumas cenderung berbeda dengan budaya Jawa pada umumnya. Salah satu contohnya adalah wayang gagrag Banyumas. Wayang gagrag Banyumas adalah wayang dengan ciri khas pedalangan yang hanya ada di wilayah Karesidenan Banyumas. Namun seiring perkembangan zaman, keberadaan wayang gagrag Banyumas mulai meluntur sehingga perlu dilakukannya pelestarian. Dinporabudpar kabupaten Banyumas sebagai lembaga pemerintah memegang peran utama dalam pelestarian wayang gagrag Banyumas melalui berbagai strategi, khususnya melalui komunikasi pemasaran sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan Dinporabudpar dalam pelestarian wayang gagrag Banyumas. Selain itu, untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat sehingga dapat mengoptimalkan strategi di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan lima narasumber yang memenuhi kriteria. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 strategi komunikasi pemasaran sosial utama yang dilakukan Dinporabudpar dalam melestarikan wayang gagrag Banyumas yaitu menjalin kemitraan, menampilkan di hari-hari besar, khususnya hari besar Banyumas, dan optimalisasi media online. Adapun faktor pendukung utama adalah semangat dari sumber daya manusia Dinporabudpar dan faktor pendukung utama adalah keterbatasan anggaran. Berdasarkan analisis dengan konsep integrated marketing communication (IMC), strategi yang dilakukan Dinporabudpar tergolong dalam aktivitas public relations, pemasaran langsung, dan internet marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25199
Uncontrolled Keywords: strategi Dinporabudpar, komunikasi pemasaran sosial, pelestarian budaya, wayang gagrag Banyumas, integrated marketing communication (IMC)
Subjects: C > C1009 Cultural tourism
M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lili Rachma Dianti
Date Deposited: 16 May 2025 01:45
Last Modified: 16 May 2025 01:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33576

Actions (login required)

View Item View Item