Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbedaan Antara Nilai Cbt Dalam Blok Dan 2 Bulan Setelahnya Pada Mahasiswa (Studi Retensi Pengetahuan Selama 2 Bulan Pada Mahasiswa FK UNSOED Angkatan 2021 Dan 2024)

UTAMI, Tita Dwi (2025) Perbedaan Antara Nilai Cbt Dalam Blok Dan 2 Bulan Setelahnya Pada Mahasiswa (Studi Retensi Pengetahuan Selama 2 Bulan Pada Mahasiswa FK UNSOED Angkatan 2021 Dan 2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (260kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (227kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tita Dwi Utami-G1A021071-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Retensi pengetahuan merupakan aspek penting dalam pendidikan kedokteran karena mahasiswa dituntut mengingat dan menerapkan informasi dalam waktu singkat dengan jadwal padat. Tujuan: Studi ini bertujuan menilai perbedaan retensi pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (FK UNSOED) angkatan 2021 dan 2024 melalui perbandingan nilai Computer-Based Test (CBT) yang dilakukan dua bulan setelah ujian pertama. Metodologi: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan kohort prospektif yang dilakukan selama dua bulan. Nilai CBT pertama diperoleh dari data sekunder, sedangkan nilai CBT kedua diperoleh dari ujian ulang dengan soal yang sama. Selisih nilai dianalisis secara absolut dan dalam bentuk persentase. Data nilai pretest dan posttest tahun 2021 serta 2024 diuji normalitasnya, dan sebagian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena distribusi tidak normal. Hasil: Hasil analisis menunjukkan adanya penurunan nilai antara CBT pertama dan kedua pada kedua angkatan. Hasil survei pendahuluan menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengingat materi blok sebelumnya, engindikasikan adanya tantangan dalam mempertahankan retensi pengetahuan. Kesimpulan: Studi ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan nilai setelah dua bulan, yang mencerminkan berkurangnya retensi pengetahuan mahasiswa, baik pada angkatan awal maupun akhir. Perbedaan retensi ini dapat menjadi bahan evaluasi strategi pembelajaran di FK UNSOED agar dapat meningkatkan daya ingat jangka panjang mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G25102
Uncontrolled Keywords: Retensi Pengetahuan, Computer-Based Test, Pendidikan Kedokteran, Mahasiswa Kedokteran
Subjects: C > C707 Computers
E > E83 Educational tests and measurements
K > K35 Knowledge
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter
Depositing User: Mrs Tita Dwi Utami
Date Deposited: 16 May 2025 02:44
Last Modified: 16 May 2025 02:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33601

Actions (login required)

View Item View Item