ISNAENI, Ummu Salamah (2025) Profil Penerapan Strategi Belajar Self-Regulated Learning (SRL) Komponen Kognitif Dalam Pelaksanaan Diskusi Kelompok Beserta Korelasinya Terhadap Nilai Ujian Lisan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (322kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Download (273kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Download (255kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Download (291kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ummu Salamah Isnaeni-G1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Latar Belakang: Problem Based Learning (PBL) berperan penting dalam pendidikan kedokteran dan membutuhkan strategi Self-Regulated Learning (SRL) yang efektif, khususnya strategi kognitif. Metode ujian lisan Student Oral Case Analysis (SOCA) yang selaras dengan PBL menunjukkan banyak mahasiswa FK Unsoed memperoleh nilai rendah, yang dapat dikaitkan dengan penerapan strategi SRL kognitif yang kurang optimal. Tujuan: Untuk mengetahui karakteristik demografis responden (jenis kelamin, usia terbanyak, dan rerata usia), serta mengetahui profil (jenis & frekuensi) penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif dalam metode belajar diskusi kelompok PBL beserta korelasinya dengan nilai ujian lisan Metode: Penelitian observasional pada 129 mahasiswa Angkatan 2023 yang dipilih dengan total sampling. Data primer berupa frekuensi penerapan strategi belajar hasil pengisian kuesioner “Strategi Belajar SRL Komponen Kognitif” yang diadaptasi dari The Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Profil penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif pada masing-masing dan keseluruhan sub-komponen didapatkan dari pengolahan data univariat dan korelasi antara kedua variabel didapatkan dari hasil analisis bivariat dengan Uji Pearson untuk mengetahui korelasi antar variabel. Hasil: Sebanyak 115 responden terdiri dari 69,6% perempuan dan 30,4% laki-laki dengan rerata usia 18,76 tahun. Sub-komponen elaboration memiliki persentase penerapan tertinggi (63,77%), sedangkan organization terendah (55,52%). Proporsi frekuensi “tidak pernah” terbesar ditemukan pada rehearsal, sedangkan “jarang” pada critical thinking. Frekuensi penerapan “sering” mendominasi setiap sub-komponen, sementara “tidak pernah” menjadi proporsi terkecil. Strategi SRL spesifik dengan proporsi tertinggi meliputi penggunaan flashcard pada frekuensi “tidak pernah” dan “sering”, serta concept map pada frekuensi “jarang”. Rerata nilai ujian lisan 62,93 (C). Uji korelasi Pearson menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara penerapan SRL kognitif dan nilai ujian lisan p= 0,618. Kesimpulan: Profil penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif mahasiswa Angkatan 2023 FK Unsoed dalam metode belajar diskusi kelompok PBL telah diperoleh. Perlu adanya upaya dalam mempertahankan strategi belajar SRL komponen kognitif yang selalu dan sering. Perlu adanya kajian untuk mengeksplorasi penyebab jarang hingga tidak pernah diterapkannya strategi SRL sebagai dasar upaya meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menerapkan strategi SRL komponen kognitif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G25092 |
Uncontrolled Keywords: | kognitif, strategi belajar, Self-Regulated Learning, ujian lisan |
Subjects: | S > S775 Study skills |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs. Ummu Salamah Isnaeni |
Date Deposited: | 16 May 2025 06:52 |
Last Modified: | 16 May 2025 06:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |