PUTRA, Bara Nagata (2025) Analisis Perbandingan Unjuk Kerja Dua Charger Baterai Mobil Listrik dengan Satu Rectifier dan Dua Rectifier. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Bara Nagata Putra_H1A021090-Skripsi-2025.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Bara Nagata Putra-H1A021090-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Bara Nagata Putra-H1A021090-Skripsi-2025.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Bara Nagata Putra-H1A021090-Skirpsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (5MB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Bara Nagata Putra-H1A021090-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (7MB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Bara Nagata Putra_H1A021090-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (5MB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Bara Nagata Putra-H1A021090-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Bara Nagata Putra_H1A021090-Skripsi-2025.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Bara Nagata Putra-H1A021090-Skripsi-2025.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Bara Nagata Putra-H1A021090-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan mobil listrik menjadi solusi atas berbagai permasalahan lingkungan dan ketergantungan energi fosil, terutama karena efisiensi energi mobil listrik yang mencapai 48%, jauh lebih tinggi dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak yang hanya sekitar 25%. Namun, tantangan utama terletak pada baterai, yang menjadi komponen vital dalam mobil listrik, dengan permasalahan seperti waktu pengisian yang lama bahkan dengan teknologi pengisian cepat dan risiko kegagalan akibat pengisian yang tidak optimal. Infrastruktur pengisian daya yang andal dan efisien menjadi sangat penting, dan Vienna rectifier muncul sebagai solusi potensial. Dengan keunggulan seperti power factor correction yang sederhana, riak arus lebih kecil, dan tegangan stress yang rendah, Vienna rectifier dapat meningkatkan efisiensi sistem pengisian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi dan kualitas daya antara dua konfigurasi charger baterai electric vehicle, yaitu dua charger dengan satu rectifier dan dua charger dengan dua rectifier, untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Metode penelitian dilakukan dengan cara mensimulasikan rangkaian dua charger mobil listrik dengan satu penyearah dan dua penyearah pada aplikasi PSIM. Sistem kontrol pada penyearah Vienna dan rangkaian charger menunjukkan kinerja baik dengan tegangan dan arus output yang stabil serta mendekati nilai referensi. Faktor daya masukan tinggi dan nilai THD input kurang dari 5% memenuhi standar IEEE-519. Simulasi membuktikan bahwa konfigurasi dua rectifier memberikan performa lebih baik dibanding satu rectifier, dengan distribusi daya lebih merata, efisiensi lebih tinggi, THD lebih rendah, faktor daya mendekati 1, output DC lebih stabil, serta rugi konduksi dan switching yang lebih kecil sehingga menghasilkan panas lebih rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H25076 |
Uncontrolled Keywords: | mobil listrik, baterai, penyearah vienna, pengisian cepat, efisiensi |
Subjects: | E > E106 Electric batteries |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr. BARA NAGATA PUTRA |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:31 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |