Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XII pada Mata Pelajaran Ekonomi

PUTRI, Dhiya Nabilah (2025) Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XII pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2026.

Download (273kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2026.

Download (391kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2026.

Download (380kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dhiya Nabilah Putri-C1L021020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat permasalahan keaktifan belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi, dimana masih terdapat siswa yang belum aktif ketika mengikuti pembelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional siswa dan kompetensi pedagogik guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 4 Purwokerto dengan total 144 siswa. Melalui teknik proportionate simple random sampling kemudian terpilih 60 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model persamaan regresi linier berganda dan normalitas, autokorelasi, heteroskedastisitas, multikolinearitas, uji statistik koefisien determinasi (R2), uji F, uji t yang diolah menggunakan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Secara parsial, kecerdasan emosional siswa dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membantu peserta didik mengelola emosi, hal ini dapat dilakukan melalui terjalinnya komunikasi yang efektif antara orang tua dengan pihak sekolah, terutama guru. Penting bagi peserta didik untuk dapat mengembangkan kecerdasan emosional dengan melatih kesadaran diri melalui refleksi diri, belajar mengendalikan emosi ketika menghadapi situasi sulit, dan membangun keterampilan sosial melalui kerjasama dalam kelompok. Selain itu, guru juga perlu untuk terus mengembangkan kompetensi pedagogiknya melalui berbagai cara, seperti aktif mengikuti pelatihan, aktif dalam forum MGMP, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25279
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional Siswa, Kompetensi Pedagogik Guru, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: E > E206 Emotions in children
H > H123 High school students
P > P612 Psychology of learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Dhiya Nabilah Putri
Date Deposited: 19 May 2025 08:06
Last Modified: 19 May 2025 08:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33730

Actions (login required)

View Item View Item