Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengembangan Game Edukasi Berbasis Role Playing Game Sebagai Media Pengenalan Budaya Banyumas

IZZATY, Dieny (2025) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Role Playing Game Sebagai Media Pengenalan Budaya Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2026.

Download (161kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2026.

Download (571kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2026.

Download (105kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan internet memberikan kemudahan akses berbagai informasi termasuk aspek kebudayaan dari luar. Diikuti tumbuh dan berkembangnya generasi z, kemajuan internet juga mempengaruhi cara mereka memperoleh dan mempelajari wawasan kebudayaan. Seiring beranjak dewasa, pengetahuan kebudayaan mulai terkikis dan jarang diminati. Kurangnya pengetahuan kebudayaan menjadikan kurangnya kepedulian terhadap kebudayaan yang sudah turun menurun. Dengan memanfaatkan teknologi game edukasi RPG yang diimplementasikan pada android bisa menjadi media pembelajaran yang interaktif dan dapat membantu keterlibatan masyarakat dalam proses menambah pengetahuan kebudayaan di Indonesia, salah satunya budaya Banyumas. Maka dari itu, dikembangkan game edukasi berbasis role playing game sebagai media pengenalan budaya Banyumas yang dapat meningkatkan pengetahuan budaya Banyumas pada generasi Z. Pengembangan game edukasi ini menggunakan RPG Maker MV dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang dimana metode ini cocok untuk media edukasi yang mengenalkan budaya dengan melibatkan multimedia dalam pengembangannya. Pengujian alpha digunakan teknik pengujian black box untuk menguji fungsionalitas game. Pengujian beta digunakan pengujian pre test dan post test untuk mengukur efektivitas game, dan kuesioner usability menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk menilai kemudahan penggunaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi Kenal Banyumas yang dikembangkan sebagai media pengenalan budaya Banyumas diterima dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, serta terbukti cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan budaya Banyumas pada anak generasi Z.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H25106
Uncontrolled Keywords: Android, Budaya Banyumas, Game edukasi, Generasi Z, MDLC, RPG Maker MV
Subjects: C > C1010 Culture
E > E76 Educational games
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Dieny Izzaty
Date Deposited: 20 May 2025 03:12
Last Modified: 20 May 2025 03:12
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33767

Actions (login required)

View Item View Item