IZZATY, Dieny (2025) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Role Playing Game Sebagai Media Pengenalan Budaya Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Download (137kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Download (132kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 May 2026. Download (161kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 May 2026. Download (571kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 May 2026. Download (105kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Download (146kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Download (211kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dieny 'Izzaty-H1D020008-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemajuan internet memberikan kemudahan akses berbagai informasi termasuk aspek kebudayaan dari luar. Diikuti tumbuh dan berkembangnya generasi z, kemajuan internet juga mempengaruhi cara mereka memperoleh dan mempelajari wawasan kebudayaan. Seiring beranjak dewasa, pengetahuan kebudayaan mulai terkikis dan jarang diminati. Kurangnya pengetahuan kebudayaan menjadikan kurangnya kepedulian terhadap kebudayaan yang sudah turun menurun. Dengan memanfaatkan teknologi game edukasi RPG yang diimplementasikan pada android bisa menjadi media pembelajaran yang interaktif dan dapat membantu keterlibatan masyarakat dalam proses menambah pengetahuan kebudayaan di Indonesia, salah satunya budaya Banyumas. Maka dari itu, dikembangkan game edukasi berbasis role playing game sebagai media pengenalan budaya Banyumas yang dapat meningkatkan pengetahuan budaya Banyumas pada generasi Z. Pengembangan game edukasi ini menggunakan RPG Maker MV dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang dimana metode ini cocok untuk media edukasi yang mengenalkan budaya dengan melibatkan multimedia dalam pengembangannya. Pengujian alpha digunakan teknik pengujian black box untuk menguji fungsionalitas game. Pengujian beta digunakan pengujian pre test dan post test untuk mengukur efektivitas game, dan kuesioner usability menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk menilai kemudahan penggunaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi Kenal Banyumas yang dikembangkan sebagai media pengenalan budaya Banyumas diterima dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, serta terbukti cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan budaya Banyumas pada anak generasi Z.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H25106 |
Uncontrolled Keywords: | Android, Budaya Banyumas, Game edukasi, Generasi Z, MDLC, RPG Maker MV |
Subjects: | C > C1010 Culture E > E76 Educational games |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Dieny Izzaty |
Date Deposited: | 20 May 2025 03:12 |
Last Modified: | 20 May 2025 03:12 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |