AYUNI, Alif Widya (2025) Pengaruh Kejenuhan Belajar, Penggunaan Gadget, dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Konsentrasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Download (39kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Download (56kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Download (54kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Download (214kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Alif Widya Ayuni-C1L021021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kejenuhan belajar, penggunaan gadget, dan lingkungan belajar di sekolah, terhadap konsentrasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto. Kejenuhan belajar, penggunaan gadget, dan lingkungan belajar yang kurang mendukung, dianggap sebagai faktor utama yang memengaruhi daya konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Purwokerto tahun ajaran 2024/2025 yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi dengan jumlah 252 siswa. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 155 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kejenuhan belajar memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar siswa, (2) penggunaan gadget berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar, dan (3) lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa konsentrasi siswa dipengaruhi oleh adanya faktor internal maupun eksternal. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, pengelolaan kejenuhan belajar sangat penting. Siswa perlu mengatur waktu belajar secara proporsional, memberi jeda istirahat saat merasa lelah, serta memilih metode yang sesuai dengan gaya belajarnya. Guru diharapkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang variatif dan menarik melalui metode interaktif agar tidak monoton, sehingga siswa dapat tetap fokus. Sekolah juga perlu mendukung dengan menyediakan fasilitas yang baik dan kegiatan penunjang seperti pembelajaran luar kelas yang dapat menyegarkan kondisi psikologis siswa. Terkait penggunaan gadget, siswa perlu membangun kedisiplinan dalam menggunakan perangkat secara bijak, seperti membatasi akses terhadap media hiburan saat jam belajar dan mengaktifkan mode senyap selama pembelajaran berlangsung. Guru berperan penting untuk mengingatkan dan mengarahkan siswa agar gadget digunakan hanya untuk tujuan pembelajaran yang relevan. Sekolah juga perlu memperkuat regulasi terkait penggunaan gadget di kelas, memberikan sosialisasi tentang etika digital, serta konsekuensi jika penggunaan perangkat tidak sesuai aturan. Di sisi lain, lingkungan belajar yang kondusif juga mempengaruhi konsentrasi siswa. Siswa perlu memiliki kesadaran untuk menjaga ketenangan dan keteraturan baik di dalam kelas maupun di luar kelas agar fokus tetap terjaga selama proses pembelajaran. Guru harus menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan di kelas, serta mendorong interaksi positif di antara siswa untuk menjaga semangat dan konsentrasi belajar. Sekolah harus memastikan bahwa fasilitas fisik seperti ruang kelas yang nyaman, pencahayaan yang memadai, dan perlengkapan belajar yang lengkap dapat mendukung terciptanya lingkungan yang mendukung konsentrasi siswa. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan lebih lanjut strategi atau model intervensi untuk masing-masing faktor ini guna meningkatkan konsentrasi belajar siswa secara lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25295 |
Uncontrolled Keywords: | Konsentrasi Belajar, Kejenuhan Belajar, Penggunaan Gadget, Lingkungan Belajar |
Subjects: | P > P612 Psychology of learning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs ALIF WIDYA AYUNI |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:43 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |