Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Ekslusi Baru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus pada Sekolah Inklusi di Kabupaten Banyumas)

RIANI, Aan Desta (2025) Analisis Ekslusi Baru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus pada Sekolah Inklusi di Kabupaten Banyumas). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Aan Desta Riani-F2B023007-TESIS-2025.pdf

Download (426kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aan Desta Riani- F2B023007- TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aan Desta Riani-F2B023007-TESIS-2025.pdf

Download (760kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Aan Desta Riani - F2B023007-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Aan Desta Riani - F2B023007-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Aan Desta Riani - F2B023007-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Aan Desta Riani - F2B023007-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] PDF (BabV)
BAB- V-Aan Desta Riani - F2B023007-2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aan Desta Riani - F2B023007-TESIS-2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aan Desta Riani - F2B023007-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus mengalami hambatan dalam akses pendidikan, mereka seringkali terpinggirkan dalam mengakses berbagai layanan. Pendidikan yang sebelumnya dipisahkan kini telah terintegrasi menjadi pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi memberikan kesempatan pada ABK untuk dapat bergabung dalam sekolah reguler. Namun praktiknya belum sepenuhnya dapat memberikan pengakuan yang penuh bagi ABK. Berbagai tantangan dalam implementasi pendidikan yang terjadi menghambat tercapainya pendidikan yang inklusif. Upaya pihak sekolah yang memberikan layanan bagi ABK dengan berbagai kondisi membawa dampak pada munculnya eksklusi baru pada anak berkebutuhan khusus.Tujuan penelitian untuk menganalisis praktik sekolah inklusi Kabupaten Banyumas yang menciptakan eksklusi baru pada siswa berkebutuhan khusus. Mengidentifikasi bentuk eksklusi baru pada ABK di sekolah inklusi Kabupaten Banyumas. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dianalisis dengan teori Rekognisi Axel Honneth. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan FGD. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan beberapa tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan praktik eksklusi pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah inklusi terjadi karena kebijakan-kebijakan sekolah yang belum mampu untuk mewujudkan pendidikan inklusi secara substansial. Anak berkebutuhan khusus dalam praktik pendidikan inklusi masih hanya sebagai objek pasif implementasi pendidikan inklusi. Bentuk eksklusi pada ABK di sekolah inklusi terdiri dari eksklusi dalam bentuk cinta (sosial), eksklusi dalam bentuk hukum (struktural) dan eksklusi dalam bentuk solidaritas (kultural). Eksklusi dalam bentuk cinta terjadi pada hubungan pertemanan ABK dengan siswa lain dan juga hubungan siswa dengan guru. Eksklusi dalam bentuk hukum atau struktural terjadi dalam proses pembelajaran, kurikulum, metode pembelajaran dan juga proses penerimaan siswa. Eksklusi dalam bentuk solidaritas terjadi dalam bentuk tidak diakuinya kemampuan siswa berkebutuhan khusus. Praktik sekolah inklusi di Kabupaten Banyumas dalam implementasinya terdapat praktik bentuk eksklusi baru. Anak berkebutuhan khusus belum mendapatkan rekognisi secara penuh sehingga tercipta eksklusi baru yang tidak disadari dari kebijakan- kebijakan dan praktik yang dilakukan sekolah. Saran berdasarkan temuan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dapat memberikan pelatihan pendidikan inklusi bagi para guru, modifikasi kurikulum inklusi, memberikan bantuan sarana dan prasarana pembelajaran inklusi. Bagi sekolah dan guru mensosialisasikan pendidikan inklusi dan keberadaan ABK. Membuat program penguatan budaya inklusi dengan melibatkan ABK secara aktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225120
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus, Eksklusi Cinta, Hukum, Solidaritas
Subjects: D > D197 Disabilities
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Sosiologi
Depositing User: Mrs. Aan Desta Riani
Date Deposited: 22 May 2025 03:25
Last Modified: 22 May 2025 03:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33914

Actions (login required)

View Item View Item