Implementasi Perlindungan Hak-Hak Tersangka dalam Proses Penyidikan Tindak Pidana (Studi Kasus di Polres Jakarta Selatan)

PUTERA, Sesarto (2017) Implementasi Perlindungan Hak-Hak Tersangka dalam Proses Penyidikan Tindak Pidana (Studi Kasus di Polres Jakarta Selatan). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Dafarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)

Abstract

Masalah penerapan hukum di Indonesia sangatlah riskan dalam sistem peradilan pidana , terutama yang ada didalam KUHAP, pada praktiknya terjadi sangat banyak pelanggaran terhadap hak – hak tersangka terutama di tingkat penyidikan, dan setiap pelanggaran terhadap KUHAP ternyata tidak ada aturan yang dengan jelas memberikan sanksi tegas bagi mereka yang telah melakukan pelanggaran – pelanggaran terhadap KUHAP. Dalam menjalankan fungsi serta tugasnya, Polres Jakarta Selatan memiliki prosedur dalam melaksanakan proses interogasi/menggali keterangan dari tersangka, tidak boleh dilakukan dengan melanggar hak-hak tersangka, apalagi melanggar harkat dan martabat tersangka sebagai manusia. Selama proses pemeriksaan berlangsung dari proses penyidikan di kepolisian sampai proses pemeriksaan dalam sidang di pengadilan, seseorang yang disangka atau didakwa melakukan sesuatu tindak pidana sepatutnya dilindungi oleh hukum. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan atas perlindungan hak – hak tersangka dalam proses penyidikan tindak pidana di POLRES Jakarta Selatan dan untuk mengetahui hambatan yang terjadi apabila penerapan atas perlindungan hak – hak tersangka dalam proses penyidikan tersebut tidak dilaksanakan oleh pihak penyelidik. Guna mencapai tujuan tersebut dan memperoleh data yang sifatnya mendalam, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Interview dan Observasi. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah yang bersifat Penelitian tindakan. Penelitian ini dilakukan di POLRES Jakarta Selatan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi perlindungan hak-hak tersangka yang terjadi dalam proses penyidikan di Polres Jakarta Selatan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada, tanpa mengabaikan hak-hak tersangka sebagaimana diatur dalam KUHAP. Mengenai hambatan yang dialami oleh pihak penyidik maupun tersangka yang sekiranya dapat menghambat proses penangkapan sampai dengan pemeriksaan apabila hak tersangka adalah tidak terpenuhi tentu tidak dialami oleh pihak penyidik malah dirasa pihak tersangkalah yang paling banyak dirugikan apabila tidak terpenuhi haknya. Mengenai hambatan yang diterima oleh penyidik apabila tersangka yang merupakan Warga Negara Asing atau WNA dimana terdapat keterbatasan dalam hal berkomunikasi sehingga menghambat segala proses pemeriksaan tersangka dari penangkapan sampai ke pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17211
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hak-Hak Tersangka, Penyidikan Tindak Pidana, Polres
Subjects: A > A49 Administration of criminal justice
C > C953 Criminal investigation
H > H330 Human rights
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Anisa Sri Restanti
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:14
Last Modified: 03 Jan 2020 07:51
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item