Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Imitasi Kpopfication dalam Akun X @aniesbubble sebagai Identitas Sosial pada Kontestasi Pemilihan Presiden 2024

RAHMAT, Diah Ayunani (2025) Imitasi Kpopfication dalam Akun X @aniesbubble sebagai Identitas Sosial pada Kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Diah Ayunani-F1D021005-Skripsi-2025.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Diah Ayunani Rahmat-F1D021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Diah Ayunani Rahmat-F1D021005-Skripsi-2025.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Diah Ayunani-F1D021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Diah Ayunani-F1D021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (133kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Diah Ayunani-F1D021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (128kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Diah Ayunani-F1D021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Diah Ayunani-F1D021005-Skripsi-2025.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Diah Ayunani-F1D021005-Skripsi-2025.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Diah Ayunani Rahmat-F1D021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)

Abstract

Kpopfication merupakan sebuah istilah yang mengacu pada perilaku penggemar K-pop yang kerap kali menyangkut pautkan berbagai aspek kehidupan mereka yang berbeda dari K-pop menjadi dunia K-pop. Menariknya Kpopfication saat ini digunakan sebagai salah satu media kampanye politik di media sosial. Salah satu pendukung aktor politik yang menggunakan Kpopfication sebagai salah satu media kampanye politik di media sosial yaitu pendukung Anies Baswedan. Melalui akun X @aniesbubble Kpopfication dilakukan dengan cara mengimitasi konten unggahan penggemar idola K-pop. Kpopfication yang dilakukan oleh @aniesbubble kemudian menjadi salah satu identitas baru karena hadir secara organik dari relawan pendukung Anies Baswedan. Menggunakan metodologi kualitatif dan analisis framing Meraz dan Papapcharissi dengan teori imitasi, identitas sosial, dan persuasi politik, artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai imitasi Kpopfication akun @aniesbubble sebagai identitas sosial pada kontestasi Pemilihan Presiden tahun 2024. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan politik melalui Kpopfication bersifat segmented dan tidak selalu mampu menjangkau masyarakat luas di luar kelompok yang sudah memiliki kedekatan afektif maupun ideologis. Meskipun kreativitas dalam penyampaian pesan politik melalui simbol-simbol ciri khas K-pop dapat memperkuat ikatan kelompok internal, namun efektivitasnya dalam memobilisasi dukungan politik secara massal tetap bergantung pada sejauh mana konten tersebut mampu menembus batas-batas algoritma dan menjangkau kelompok yang lebih heterogen secara politik dan budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25225
Uncontrolled Keywords: @aniesbubble, Identitas Sosial, Imitasi, Kpopfication, Pemilu 2024, Persuasi Politik
Subjects: E > E102 Elections
S > S426 Social aspects
S > S733 Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mrs Diah Ayunani Rahmat
Date Deposited: 23 May 2025 01:26
Last Modified: 23 May 2025 01:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34035

Actions (login required)

View Item View Item