Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Dinamika Strategi Pemasaran Politik PDI-P Banyumas: Penurunan Suara Pada Pemilu Legislatif 2024

SALIK, Felitha Atie (2025) Dinamika Strategi Pemasaran Politik PDI-P Banyumas: Penurunan Suara Pada Pemilu Legislatif 2024. Skripsi thesis, Universitas enderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I- Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (341kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (318kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (394kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis dinamika strategi pemasaran politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Banyumas dari Pemilu 1999 hingga 2024, dengan fokus pada penurunan suara dari 343.778 (2019) menjadi 332.347 (2024). Menggunakan kerangka 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan STP (Segmentation, Targeting, Positioning), serta metode kualitatif berbasis pada pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pola keberlanjutan dan perubahan strategi, serta faktor penurunan suara PDI-P di Banyumas. Temuan menunjukkan bahwa PDI-P konsisten mengandalkan narasi “wong cilik” sebagai konsistensi strategi keberlanjutan dan perubahan demografi pemilih sebagai faktor perubahan. Penurunan suara 2024 disebabkan oleh: (1) ketidakmampuan menarik pemilih muda (52% pemilih) akibat kurangnya kampanye berbasis digital, (2) konflik elit Megawati-Jokowi yang merusak citra, (3) absennya figur dominan, (4) politik uang dari partai lawan, dan (5) inkonsistensi kader dalam citra merakyat. Meskipun mempertahankan 17 kursi, erosi suara menandakan tantangan adaptasi terhadap demografi dan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25242
Uncontrolled Keywords: PDI-P, pemasaran politik, Banyumas, penurunan suara, Pemilu 2024
Subjects: M > M80 Marketing
P > P395 Political parties
S > S733 Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mrs. Felitha Atie Salik
Date Deposited: 23 May 2025 03:35
Last Modified: 23 May 2025 03:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34098

Actions (login required)

View Item View Item