SALIK, Felitha Atie (2025) Dinamika Strategi Pemasaran Politik PDI-P Banyumas: Penurunan Suara Pada Pemilu Legislatif 2024. Skripsi thesis, Universitas enderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf Download (36kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025 .pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf Download (155kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I- Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (341kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (318kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (394kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf Download (124kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Felitha Atie Salik-F1D021039-Skripsi-2025.pdf Download (111kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis dinamika strategi pemasaran politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Banyumas dari Pemilu 1999 hingga 2024, dengan fokus pada penurunan suara dari 343.778 (2019) menjadi 332.347 (2024). Menggunakan kerangka 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan STP (Segmentation, Targeting, Positioning), serta metode kualitatif berbasis pada pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pola keberlanjutan dan perubahan strategi, serta faktor penurunan suara PDI-P di Banyumas. Temuan menunjukkan bahwa PDI-P konsisten mengandalkan narasi “wong cilik” sebagai konsistensi strategi keberlanjutan dan perubahan demografi pemilih sebagai faktor perubahan. Penurunan suara 2024 disebabkan oleh: (1) ketidakmampuan menarik pemilih muda (52% pemilih) akibat kurangnya kampanye berbasis digital, (2) konflik elit Megawati-Jokowi yang merusak citra, (3) absennya figur dominan, (4) politik uang dari partai lawan, dan (5) inkonsistensi kader dalam citra merakyat. Meskipun mempertahankan 17 kursi, erosi suara menandakan tantangan adaptasi terhadap demografi dan teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25242 |
Uncontrolled Keywords: | PDI-P, pemasaran politik, Banyumas, penurunan suara, Pemilu 2024 |
Subjects: | M > M80 Marketing P > P395 Political parties S > S733 Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Mrs. Felitha Atie Salik |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:35 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:35 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |